Mensos: Kami Siap Diawasi Agar Penyaluran Bansos Tepat Sasaran

Mensos: Kami Siap Diawasi Agar Penyaluran Bansos Tepat Sasaran
Mensos saat menyerahkan bansos kepada warga di Jakarta. Foto: Humas Kemensos

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Sosial (Mensos) Juliari P. Batubara mengecek langsung proses distribusi bansos sembako Bantuan Presiden di dua titik di wilayah Jakarta Selatan, yaitu di RT 01 RW 02 Cipete Utara, Kecamatan Kebayoran Baru dan di RT 14 RW 001, Kelurahan Pondok Labu, Kecamatan Cilandak.

Pada penyaluran di lokasi pertama, Menteri Sosial tidak datang sendirian. Ia didampingi oleh Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Komjen Pol Firli Bahuri.

Mensos juga didampingi Sekjen Kemensos Hartono Laras, Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Pepen Nazaruddin, baik di lokasi pertama maupun kedua.

KPK hadir untuk mengawasi proses penyaluran bantuan sosial sembako agar lebih tepat sasaran, sekaligus mengacu pada pedoman dan memastikan tidak ada tindak penyelewengan di lapangan.

Sebagai bagian dari ikhtiar pengawasan, Kementerian Sosial mengajak Ketua KPK untuk bersama meninjau proses penyaluran bansos di DKI Jakarta, sekaligus melakukan dialog secara langsung dengan para penerima bansos.

“Saya mengajak KPK meninjau proses penyaluran bansos. Ini sejalan dengan instruksi Presiden agar kami yang ditugasi menyalurkan bansos ada pendampingaan dari institusi seperti KPK, BPKP, LKPP saat pengadaan,” kata Mensos di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (19/5).

Sejalan dengan keterangan Mensos, Ketua KPK menyatakan, kedatangannya melaksanakan fungsi pengawasan.

“Kami sengaja datang pada penyaluran bansos untuk memberikan kepastikan bahwa setiap warga negara memiliki hak menerima bantuan dengan berpegang pada prinsip bantuan harus tepat sasaran,” kata Ketua KPK.

Mensos Juliari P Batubara memastikan bahwa penyaluran bansos di bawah pengawasan KPK sehingga tepat sasaran.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News