Mensos Launching e-Warung Kube-PKH Di Mojokerto

Mensos Launching e-Warung Kube-PKH Di Mojokerto
Mensos Khofifah Indar Parawansa bersama salah satu pengguna e-Warung di Mojokerto, Sabtu (30/7). FOTO: Amjad/JPNN.com

jpnn.com - MOJOKERTO - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa meluncurkan Layanan e-Warung Kelompok Usaha Bersama  - Program Keluarga Harapan (KUBE-PKH) di Kemasan Blooto, Prajurit Kulon, Kota Mojokerto, Sabtu (30/7).

Ini menjadi lokasi ketiga launching layanan e-Warung. Sebelumnya, Mensos juga telah melakukan uji coba di Kota Malang dan Kabupaten Sidoarjo.

Menurut Khofifah,  e-Warung KUBE PKH menerapkan pengelolaan keuangan secara digital dalam menyalurkan bantuan sosial nontunai. Tujuannya, untuk menyediakan kebutuhan pokok sehari-hari dengan harga murah bagi peserta PKH dan penerima manfaat beras sejahtera (rastra).

Program ini nantinya juga  bisa menjadi tempat pemasaran produk-produk KUBE dan hasil usaha peserta PKH, dan atau dari Bulog.    

e-Warung nantinya juga diharapkan bisa mereduksi berbagai persoalan yang timbul dalam penyaluran bansos selama ini dapat diatasi.

"Di Jatim yang sering terjadi rastra dibagi rata. Lalu ada yg menerima raskin rusak, berkutu atau kecoklatan, dengan e-Warung dipastikan itu tidak akan ada lagi. Ibu-ibu bisa memilih sendiri jenis beras yang diinginkan," ujar Mensos.

Selain untuk membeli beras, lanjut Khofifah, uang tersebut dapat dibelanjakan gula, minyak goreng, dan tepung.  

"Kalau ada sisa, uangnya tidak hilang. Bisa menjadi tabungan ibu-ibu," katanya.(dkk/jpnn)


MOJOKERTO - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa meluncurkan Layanan e-Warung Kelompok Usaha Bersama  - Program Keluarga Harapan (KUBE-PKH)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News