Mentan Amran Gerak Cepat Antisipasi Dampak El Nino dan Menekan Impor

Mentan Amran Gerak Cepat Antisipasi Dampak El Nino dan Menekan Impor
Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman bergerak cepat melakukan antisipasi dampak el nino dengan melakukan akselerasi percepatan tanam. Foto: Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman bergerak cepat melakukan antisipasi dampak el nino dengan melakukan akselerasi percepatan tanam di sejumlah daerah.

Upaya tancap gas itu dilakukan sebagai bukti kongkrit dalam menekan kebijakan impor.

Diketahui, saat ini ada lebih dari 10 juta hektar lahan rawa yang berpotensi menambah daya gedor produksi nasional.

Dari semua lahan tersebut, beberapa di antaranya sudah menghasilkan produktivitas sebanyak 5 ton per hektare.

"Saat ini baru lima ton, tapi ke depan kami akan tingkatkan menjadi 7 ton per hektare. Jadi, yang IP nya 1 kita naikan jadi 2 atau menjadi 3. Semuanya perlu kolaborasi dan kerja keras untuk memaksimalkan lahan rawa yang ada," ujar Mentan, Sabtu (18/11).

Di Sumatera Selatan (Sumsel), Mentan meninjau langsung luasan lahan rawa 128.000 hektar yang digarap petani untuk produksi padi.

Selain itu, petani juga melakukan percepatan tanam untuk komoditas jagung dan hortikultura.

Menurutnya, potensi panen dari sebagian luasan lahan di sana bisa mencapai 1 juta ton gabah atau bila dikonversi menjadi beras bisa mencapai 500.000 ton.

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman bergerak cepat melakukan antisipasi dampak el nino dengan melakukan akselerasi percepatan tanam.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News