Mentan Harapkan Jago PDIP Bisa Wujudkan Swasembada Pangan

Mentan Harapkan Jago PDIP Bisa Wujudkan Swasembada Pangan
Bendera PDI Perjuangan. Foto: dokumen JPNN

jpnn.com, DEPOK - Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengharapkan para kepala daerah bisa ikut mewujudkan swasembada pangan di wilayah masing-masing. Dia merasa optimistis bahwa daerah juga bisa mencapai swasembada pangan.

Amran menyampaikan harapannya saat menjadi pembicara pada Sekolah Partai bagi calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah PDIP di Wisma Kinasih, Depok, Jawa Barat, Selasa (30/1). Menurut Amran, Indonesia saat ini bisa swasemdada pangan secara nasional sehingga daerah pun pasti juga bisa melakukannya.

“Beras, bawang, jagung, dan cabai, selesai, stok kita aman. Kalau nasional saja bisa, apalagi daerah,” kata Amran di Sekolah Partai yang diikuti 92 calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah usungan PDIP itu.

Selain empat komoditas yang telah mencapai swasembada itu, kata Amran, pemerintah pada 2018 ini berencana menambah jenisnya. Antara lain rempah-rempah, bawang putih, gula dan kedelai.

Mentan Harapkan Jago PDIP Bisa Wujudkan Swasembada Pangan

Menteri Pertanian Amran Sulaiman saat menyampaikan paparan di Sekolah Partai PDIP di Depok, Jawa Barat, Selasa (30/1). Foto: DPP PDIP for JPNN

Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Anton Charliyan yang ikut dalam Sekolah Partai melontarkan kertanyaan ke Amran. Mantan petinggi Polri itu menanyakan relevansi keberadaan lumbung atau gudang pangan dengan kedaulatan.  

“Karena kalau kita melihat Vietnam, Thailan, mereka semua punya lumbung atau gudang,” katanya.

Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman mengharapkan para kepala daerah bisa ikut mewujudkan swasembada pangan di wilayah masing-masing.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News