Mentan-Mendag Jamin Harga Pangan Stabil Sampai Lebaran

Mentan-Mendag Jamin Harga Pangan Stabil Sampai Lebaran
Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman bersama Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) dan Rumah. Foto dok JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman bersama Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita dan Gubernur DKI Djarot Saeful Hidayat melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) dan Rumah Potong Ayam Cakung, Jakarta Timur, Sabtu (17/6).

Temuan di PIBC didapati stok beras melimpah dan harganya stabil, yakni Rp 7.400 - Rp 11.000 per kg kualitas premium. Stok bawang putih pun demikian. Sehingga harganya turun drastis Rp 17.500/kg.

Untuk itu Amran meminta Bulog harus segera menyerap agar harga tidak turun dan petani tidak merugi.

"Kami minta Bulog segera serap agar petani tidak rugi. Tapi beras sampai saat ini harganya normal," kata Amran di sela-sela sidak.

Selain itu, pemerintah pusat juga membangun kerja sama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, agar memperbanyak membangun gudang penampungan pangan.

"Kami minta agar penampungan atau aware house, yang dimiliki pemda DKI juga bisa diperbanyak, karena yang ada saat ini masih belum cukup," pinta Amran.

Sementara itu, Enggar memgatakan terjaganya stok dan harga pangan tidak lepas dari kerja sama antara pemerintah daerah dan BUMD.

"Kesiapan pangan DKI sudah sangat luar biasa ketersediaanya di pasar. Bawang putih harganya Rp 17.500 di pasar induk. Kalau harga naik kami akan mencari siapa pelaku importirnya," tegas Enggar.

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman bersama Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita dan Gubernur DKI Djarot Saeful Hidayat melakukan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News