Mentan Minta Penyuluh Pertanian Dekat dan Menjadi Pendamping Petani

Mentan Minta Penyuluh Pertanian Dekat dan Menjadi Pendamping Petani
Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi di kegiatan Jambore Penyuluh Pertanian di Palu, Sulawesi Tengah. Foto: Kementan

jpnn.com, PALU - Penyuluh pertanian memiliki peranan penting dalam mengembangkan dan memajukan pertanian, terutama dalam mewujudkan pembangunan pertanian berwawasan agrobisnis.

Peran penting penyuluh dan petani bak mata uang yang tak bisa dipisahkan dalam meningkatkan produktivitas sektor pertanian.

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengatakan kinerja Kementerian Pertanian (Kementan) sangat penting untuk meningkatkan produksi dan produktivitas pertanian yang diharapkan dapat mengurangi ketergantungan impor dan bahkan meningkatkan ekspor.

Dalam rangka mencapai produksi padi setara 35 juta ton beras, Mentan akan melakukan optimalisasi penyuluh pertanian lapangan dengan menghadiri Jambore Penyuluh Pertanian hari ini Senin, 6 November, di Palu, Sulawesi Tengah.

"Para penyuluh harus benar-benar dekat dan menjadi pendamping petani yang mampu mengantarkan dan mengawal kebijakan pemerintah dalam pembangunan pertanian sampai tingkat petani," kata dia.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi sangat mendukung Jambore Penyuluh Pertanian yang dilaksanakan dalam rangka membangkitkan semangat para penyuluh dalam melaksanakan tugas dilapangan.

"Penyuluh dan petani merupakan garda terdepan dalam pembangunan pertanian. Sebagai garda terdepan penyuluh dan petani harus memastikan, pangan tidak bersoal. Karena kita harus menyediakan pangan bagi seluruh masyarakat," ujar Dedi.

Dedi menambahkan penyuluh pertanian sebagai garda terdepan dalam penyediaan pangan bagi 273 juta jiwa bukan hal yang mudah.

Mentan Amran Sulaiman harap penyuluh pertanian dekat dan menjadi pendamping petani yang mampu mengantarkan dan mengawal kebijakan pemerintah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News