Mentan: Produktivitas Tinggi, Kesejahteraan Petani Meningkat

Mentan: Produktivitas Tinggi, Kesejahteraan Petani Meningkat
Dinas Pertanian Kabupaten Ciamis menggelar workshop dan rapat koordinasi program IPDMIP. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, CIAMIS - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengaku optimistis bahwa program IPDMIP dapat bermanfaat bagi kepentingan masyarakat pedesaan, khususnya bagi petani dalam mendukung pencapaian ketahanan pangan.

Lewat IPDMIP, kata dia, produktivitas pertanian terus meningkat, khususnya di daerah irigasi.

"Pendapatan petani harus terus naik sehingga kesejahteraan petani juga meningkat. Pertanian adalah emas 100 karat,” kata Syahrul Yasin Limpo melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (18/9).

Dia menyampaikan jika produktivitas meningkat, pendapatan petani juga meningkat.

"Kemampuan sumber daya manusia juga harus kita tingkatkan agar mereka bisa mengelola pertanian dengan baik," ungkapnya.

SYL -sapaannya- mengingatkan bahwa sektor pertanian adalah emas 100 karat. Menjanjikan dan tak pernah ingkar janji sehingga sangat prospektif untuk digeluti.

"Terutama para pemuda dan milenial. Kita gerakan pertanian Indonesia, masa depan pertanian kita ada pada mereka," ujar SYL.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Dedi Nursyamsi menegaskan program IPDMIP menjadi salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas pertanian, khususnya di daerah irigasi sehingga pada akhirnya kesehatan petani bisa meningkat.

Mentan Syahrul Yasin Limpo optimistis program IPDMIP dapat bermanfaat bagi kepentingan masyarakat pedesaan, khususnya bagi petani dalam mendukung pencapaian ketahanan pangan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News