Mentan: Saya Harus Fokus Sediakan Pangan 250 Juta Jiwa

Mentan: Saya Harus Fokus Sediakan Pangan 250 Juta Jiwa
Mentan Amran Sulaiman. Foto: Humas Kementan

jpnn.com - jpnn.com - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Institute Lembang Sembilan di Hotel Mercure, Jakarta.

Dalam paparannya, Amran menyampaikan, sebagai menteri dia harus fokus bekerja karena punya tanggung jawab menyiapkan pangan untuk 250 juta jiwa rakyat Indonesia.

"Dulu sering ada berita orang meninggal karena kelaparan. Saya tidak ingin itu terjadi lagi. Untuk mewujudkan itu, saya serahkan diri saya ini untuk merah putih," kata Mentan Amran.

Mentan Amran mengingatkan, pada awal menjabat, Indonesia dihantam dua kejadian dahsyat yaitu el nino dan la nina.

Atas kejadian itu, seminggu dua kali harus menghadap Presiden membahas masalah ini.

"Di 2015 dan 2016 kita dihantam el nino dan la nina. Bila dibandingkan secara apple to apple dengan 1998 yang juga ada el nino akhirnya mengimpor 9 juta ton. El nino 2015 lebih berat dengan kenaikan penduduk menjadi 250 juta orang, harusnya impor 16 juta ton," kata Mentan.

Tapi dengan berbagai upaya, lanjut Mentan, produksi ditingkatkan dan berhasil mengendalikan impor. Bahkan pada 2016 tidak ada sama sekali impor beras.

"Semua kebijakan yang menghambat regulasi kami ubah. Termasuk tender-tender yang menjadi kendala, kami ubah menjadi penunjukan langsung. Karena hujan, tikus, wereng, bahkan el nino, tidak pernah mengatakan 'tunggu, pemerintah lagi tender'," tegas Amran.

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Institute Lembang Sembilan di Hotel Mercure, Jakarta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News