Mentan SyahruI: Riset Kementan Harus Semakin Mudah Dimanfaatkan Masyarakat

Mentan SyahruI: Riset Kementan Harus Semakin Mudah Dimanfaatkan Masyarakat
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo saat menghadiri pertemuan para peneliti litbang seluruh Indonesia di Auditorium Sadikin Sumintawikarta, Cimanggu, Bogor, Jawa Barat. Foto dok Kementan

jpnn.com, BOGOR - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menegaskan bahwa riset dan penelitian yang dilakukan Badan Litbang Pertanian harus semakin mudah dimanfaatkan oleh masyarakat luas.

Hal ini disampaikan Mentan saat menghadiri pertemuan para peneliti litbang seluruh Indonesia di Auditorium Sadikin Sumintawikarta, Cimanggu, Bogor, Jawa Barat.

"Riset Litbang menjadi sangat strategis dan penting untuk mendapatkan cara-cara peningkatan produktivitas pertanian yang lebih baik. karena itu bentuk-bentuk pertanian yang harus kita optimalkan besok harus diperkuat dengan riset-riset Litbang yang benar. Katakanlah yang lebih aplikatif atau lebih mudah diterapkan masyarakat," ujar Mentan, Jumat (3/7).

Menurut Mentan, riset dan penelitian menjadi kunci penting dalam meningkatkan produktivitas pertanian.

Riset dan penelitian juga menentukan bagus tidaknya sebuah benih dan bibit yang akan ditanam secara luas.

"Kalau kita mau naikkan produktivitas harus bibitnya dulu yang lebih bagus. Dan bibit itu harus dikawal dengan pemurnian pemurnian di semua provinsi dan kabupaten kota yang ada di seluruh Indonesia," katanya.

Mentan mengatakan, pihaknya juga akan mendorong para peneliti Litbang untuk melakukan penelitian serius di laboratorium pertanian Indonesia.

Uji coba ini penting dilakukan karena tidak semua provinsi memiliki kesamaan pengembangan pertanian.

Menurut Mentan, riset dan penelitian menjadi kunci penting dalam meningkatkan produktivitas pertanian.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News