Mentan Syahrul Jamin Stok Jagung untuk Pakan Ternak Aman

Mentan Syahrul Jamin Stok Jagung untuk Pakan Ternak Aman
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo melakukan cek fakta di lapangan untuk memastikan ketersedian stok jagung khusus pakan ternak dengan mengunjungi pabrik feedmill milik PT Japfa Comfeed Indonesia di Serang, Banten, Senin (27/9). Foto: Kementan.

jpnn.com, SERANG - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menjamin stok jagung khusus untuk pakan ternak aman.

Selain ketersediaan pasokan di pabrik pakan terbesar di Indonesia milik Japfa tidak ada masalah, juga diperkuat dengan masa panen yang akan berlangsung dari September hingga Oktober nanti.

Mentan Syahrul menyampaikan banyak wilayah sentra jagung yang memasuki masa panen dalam beberapa waktu dekat.

“Besok, hari Rabu (29/9) saya akan melakukan panen raya jagung di banyak titik secara serempak seluruh Indonesia," kata Mentan Syahrul, Senin (27/9).

Menurut mantan Gubernur Sulawesi Selatan itu, panen raya tersebut menjadi bukti bahwa produktivitas jagung di Indonesia cukup baik.

"Artinya kondisi jagung kita dalam range dan dinamika yang bisa dikendalikan,” tegasnya.

Berdasarkan pantauan yang dilakukan Badan Ketahanan Pangan (BKP), stok jagung nasional pada minggu IV (20/9) mencapai 2,75 juta ton.

Stok tersebut tersebar, dengan rincian 856.897 ton (31 persen) berada di pabrik pakan, 744.250 ton (27 persen) di pengepul, 423.502 ton (15 persen) di agen, 288.305 ton (11 persen) di pengecer, 276.300 ton (10 persen) di usaha lain atau pakan mandiri.

Mentan Syahrul menyampaikan akan melakukan panen raya jagung pada Rabu (29/9) nanti.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News