Mentan Syahrul Yasin Limpo Pastikan Stok Daging Beku Mencukupi untuk Kebutuhan Lebaran

Mentan Syahrul Yasin Limpo Pastikan Stok Daging Beku Mencukupi untuk Kebutuhan Lebaran
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat mengecek ketersediaan di cold storage atau tempat penyimpanan daging beku milik PT Dua Putra Perkasa Pratama di Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi, Jawa Barat, Jumat (14/4). Foto: Dokumentasi Humas Kementan

jpnn.com, BEKASI - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) memastikan ketersediaan sapi potong jelang Lebaran mendatang dalam kondisi aman.

Dia menyebutkan stok daging sapi dan kerbau yang tersedia saat ini mencapai 34.784 ton dari hasil validasi pelaku usaha yang tersebar di Jabodetabek, Batam, Gresik dan Bali.

Pelaporan stok dari pelaku usaha sudah rutin dilakukan secara online melalui SIMREK PKH sehingga data stok terpantau aman dan dapat dipertanggungjawabkan.

"Saya memastikan ketersediaan daging dan sapi hidup secara hitung-hitungan saat ini dalam posisi cukup, bahkan sampai April ini ada over stock yang cukup, baik dari sapi bakalan yang tadi kami lihat di Kabupaten Bekasi maupun sapi pedaging siap potong," ujar Mentan SYL.

Kepastian itu disampaikan Mentan SYL saat mengecek ketersediaan sapi potong di cold storage atau tempat penyimpanan daging beku milik PT Dua Putra Perkasa Pratama di Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi, Jawa Barat, Jumat (14/4).

Mentan SYL menegaskan pemerintah akan terus memperkuat posisi distribusi, baik ke pasar besar maupun pasar lainya yang ada di Jabodetabek.

Termasuk pasar-pasar yang ada di luar pulau Jawa seperti Kalimantan, Sulawesi dan Sumatera sehingga pasokan daging tersedia secara merata di seluruh Indonesia.

"Di tingkat supplier utama atau distributor harga juga masih relatif terkendali, range dinamikanya masih normal. Namun, kami akan perkuat posisi distribusinya, baik ke pasar-pasar utama maupun daerah lain sehingga antara data dan validasi yang ditemukan sama semua," ujar Mentan SYL.

Mentan Syahrul Yasin Limpo meminta masyarakat tidak perlu khawatir lantaran stok daging beku mencukupi untuk kebutuhan Lebaran Idulfitri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News