Mentan SYL dan Bupati Kediri Dorong Integrasi Kelapa Genjah, Jagung dengan Ternak Kambing

Mentan SYL dan Bupati Kediri Dorong Integrasi Kelapa Genjah, Jagung dengan Ternak Kambing
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo bersama Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana melakukan penanaman kelapa genjah yang diintegrasikan dengan jagung dan ternak kambing di Desa Kanyoran, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri, Kamis (9/2). Foto: Dokumentasi Humas Kementan

jpnn.com, KEDIRI - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) bersama Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana melakukan penanaman kelapa genjah yang diintegrasikan dengan jagung dan ternak kambing.

Dari pengembangan program kelapa genjah satu juta batang secara nasional, Kementerian Pertanian (Kementan) mengalokasi untuk Kabupaten Kediri pada tahun ini sebanyak 24.090 batang dengan klaster pekarangan dan kawasan.

Sementara itu, total se-Provinsi Jawa Timur sebanyak 96.690 batang.

"Semangat yang serius dari Bupati Kediri yang masih muda, berbagai kebutuhan pangan negara kita bisa dipenuhi dari Kediri," kata Mentan SYL pada penanaman kelapa genjah yang berlangsung di Desa Kanyoran, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri, Kamis (9/2).

Dia menyampaikan sesuai komitmen bersama, pengembangan pertanian di Kediri ke depan seluas seribu hektare yang terdiri dari komoditas perkebunan, tanaman pangan, peternakan dan hortikultura.

Hal ini guna mengakselerasi pertumbuhan sektor pertanian Kabupaten Kediri sebagai bantalan ekonomi guna menghadapi situasi krisis pangan global.

"Bahkan pengembangan kedelai pun kami coba di Kediri. Dalam 100 hari ke depan kita cek hasilnya. Di Kediri sudah kami salurkan bantuan bibit kelapa genjah 22 ribu batang," beber mantan Gubernur Sulawesi Selatan dua periode itu.

Lebih lanjut Mentan SYL menegaskan pengembangan kelapa genjah nasional merupakan program atas arahan Presiden Jokowi guna memperkuat perekonomian nasional dan masyarakat dalam menghadapi ancaman krisis pangan dunia.

Mentan SYL berkolaborasi dengan Bupati Kediri mendorong pengembangan integrasi kelapa genjah, jagung dan ternak kambing di wilayah tersebut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News