Mentan SYL Dorong Provinsi Sulsel jadi Sentra Sapi Potong Nasional

Mentan SYL Dorong Provinsi Sulsel jadi Sentra Sapi Potong Nasional
Mentan SYL mendorong Provinsi Sulawesi Selatan menjadi salah satu sentra penghasil sapi potong berkualitas yang bisa memperkuat produksi daging nasional. Foto: Dokumentasi Humas Kementan

jpnn.com, SIDRAP - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mendorong Provinsi Sulawesi Selatan menjadi salah satu sentra penghasil sapi potong berkualitas yang bisa memperkuat produksi daging nasional.

Menurut SYL, Sulawesi adalah pintu utama kawasan Indonesia timur yang memiliki potensi besar dalam memperkokoh ekonomi nasional.

"Kalau kami kembangkan 10.000 sapi di satu tempat saja pak, rakyat pasti untung. Termasuk kita integrasikan dengan sapi parah dan pakannya," ujar Mentan SYL saat meninjau PT. Berdikari United Livd Stock (BULs) di Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan, Minggu (16/4).

SYL mengatakan, selama ini sektor peternakan adalah sektor yang paling menjanjikan, mengingat semua bagian hewan mulai dari kepala sampai kotoran mampu menghasilkan nilai ekonomis yang cukup tinggi.

Bahkan peternakan juga merupakan produk hewani yang dibutuhkan masyarakat setiap hari.

"Sampai-sampai kotorannya saja bisa kami jadikan pupuk. Kami punya jerami yang sisa dikasih makan kembali," katanya.

Terkait hal ini,  SYL ingin tiga bulan ke depan Kabupaten Sidrap mengawali seluruh rangkaian dan rencana swasembada daging.

Dia menambahkan Sidrap harus menjadi wilayah produktif dalam menguatkan komoditas daging nasional.

Mentan SYL mendorong Provinsi Sulawesi Selatan menjadi salah satu sentra penghasil sapi potong berkualitas yang bisa memperkuat produksi daging nasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News