Mentan SYL Dorong Varietas Unggul Untuk Tingkatkan Produksi Padi

Mentan SYL Dorong Varietas Unggul Untuk Tingkatkan Produksi Padi
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mendorong peningkatan kualitas varietas benih padi unggul. Ilustrasi Foto: Humas Kementan

jpnn.com, SUBANG - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mendorong peningkatan kualitas varietas benih padi unggul.

Langkah itu dilakuka untuk meningkatkan produksi beras nasional.

Pasalnya, benih padi memegang peran penting dalam meningkatkan produktivitas beras sebagai salah satu pangan pokok strategis di Indonesia dan mendukung ekspor beras.

Menurut dia, tanpa benih varietas unggul, tidak bisa surplus beras seperti yang Dirasakan saat ini, sehingga tidak perlu impor beras lagi.

"Jadi, peningkatan produktivitas beras harus jadi tantangan kita bersama karena beras sangat penting bagi kehidupan Bangsa," ucap Mentan SYL dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Lingkup Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian yang di Sukamandi, Subang, Jumat (24/6).

SYL mengatakan sesuai data produktivitas padi Indonesia menduduki urutan ke-2 dari 9 negara-negara FAO di Benua Asia.

Urutannya yakni, Vietnam, Indonesia, Bangladesh, Filipina, India, Pakistan, Myanmar, Kamboja, dan Thailand.

"Saat ini sudah ada varietas baru seperti Ciherang, Inpari dan lainnya, sudah diperkenalkan jadi produktivitas petani makin naik, stok beras kita pun naik," sebutnya.

"Tapi saya tidak bisa terima kalau produktivitas padi hanya 5,2 ton per hektar. Jadi ini harus ditingkatkan lagi," pintanya.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mendorong peningkatan kualitas varietas benih padi unggul.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News