Mentan SYL Jamin Ketersediaan 12 Pangan Dasar Mencukupi Selama Ramadan

Mentan SYL Jamin Ketersediaan 12 Pangan Dasar Mencukupi Selama Ramadan
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat melaksanakan sidak pasar di Kota Makassar untuk memantau ketersediaan dan harga barang kebutuhan pokok komoditas pertanian, Sabtu (2/4). Foto: Dokumentasi Kementan

jpnn.com, MAKASSAR - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menjamin ketersediaan 12 pangan dasar mencukupi untuk memenuhi kebutuhan selama Ramadan.

Dia mengaku telah memerintahkan seluruh jajarannya untuk melakukan monitoring ketersediaan 12 pangan dasar di 34 provinsi se-Indonesia.

Mentan SYL bahkan turun langsung mengecek ketersediaan 12 pangan dasar di Pasar Terong dan Pasar Pa'baeng-baeng Kota Makassar guna memastikan stok dalam memenuhi kebutuhan selama Ramadan hingga Idulfitri, Sabtu (2/4).

Ke-12 pangan dasar tersebut, di antaranya beras, bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, cabai rawit merah, daging sapi, daging ayam ras, telur ayam ras, termasuk minyak goreng.

"Saya turun mengecek ketersediaan 12 pangan dasar yang produksinya di bawah Kementerian Pertanian, dan hasilnya ketersediaannya cukup. Sebenarnya termasuk minyak goreng," kata Mentan SYL seusai sidak.

Khusus minyak goreng, lanjut SYL, berdasarkan peninjauan di dua pasar itu terlihat distribusi minyak goreng yang belum lancar.

Karena itu, ia melakukan komunikasi melalui telepon langsung dengan Menteri Perindustrian untuk memberikan perhatian khusus.

"Di agen ada, di pengecer ada, tapi yang ditaruh di depan-depan itu hanya sedikit, jadi terkesan sedikit. Saya masuk ke agen awalnya juga, ada tetapi suplainya tidak maksimal. Saya telepon distributor utama yang ada disini, dan saya sudah minta supaya mereka coba konsentrasi," jelasnya.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) menjamin ketersediaan 12 pangan dasar mencukupi untuk memenuhi kebutuhan selama Ramadan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News