Mentan SYL Motivasi Mahasiswa Polbangtan Medan sebagai Motor Pertanian Modern

Mentan SYL Motivasi Mahasiswa Polbangtan Medan sebagai Motor Pertanian Modern
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Liimpo (mentan SYL). Foto: humas BPPSDMP Kementan

jpnn.com, MEDAN - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) memberikan kuliah umum di Kampus Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Medan, Senin (22/3).

Kegiatan itu dilakukan untuk menyemangati mahasiswa sebagai pionir generasi petani milenial yang membangun pertanian modern dan fondasi kesejahteraan para petani.

Oleh karena itu, Polbangtan sebagai pabrik yang mencetak generasi milenial harus terus melakukan inovasi sebagai modal mahasiswa ketika terjun ke masyarakat.

"Kalian ini adalah pionir penentu kesejahteraan bangsa ini. Miskin atau tidak masyarakat ada di tanganmu (mahasiswa, red)," kata Mentan SYL dalam kuliah umum dengan tema "Regenerasi Petani dan Peran Mahasiswa Politeknik Pertanian Dalam Mewujudkan Pertanian Modern".

SYL mengatakan, Kementerian Pertanian (Kementan) terus berusaha untuk meningkatkan sumber daya manusia di bidang pertanian. Polbangtan yang ada di beberapa daerah di Indonesia merupakan upaya nyata sekaligus penggerak kemajuan di masyarakat.

"Teruslah belajar karena saat ini kita harus mampu bersaing dengan negara luar. Kita harus mampu bersaing dengan Vietnam, Malaysia, Inggris dan negara-negara Eropa," tegas Mentan SYL menyemangati.

Mantan gubernur Sulawesi Selatan itu juga mengatakan bahwa pertanian Indonesia sangat terbuka bagi para generasi millenial yang didukung oleh alam dengan tanah subur. Kekurangan SDM yang dapat mengelola sektor pertanian juga harus dimanfaatkan oleh mahasiswa Polbangtan dan masyarakat.

"Dibanding negara-negara lain, Indonesia memiliki peluang untuk menjadi yang terbaik. Kondisi geografis Indonesia sangat menguntungkan untuk menjadikan Indonesia sebagai negara sejahtera lewat pengembangan pertanian," jelas SYL.

Mentan SYL memberi kuliah umum di Kampus Polbangtan Medan, Sumatera Utara pada Senin (22/3).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News