Mentan SYL Sidak Stok dan Harga Pangan di Pasar Seusai Iduladha

Mentan SYL Sidak Stok dan Harga Pangan di Pasar Seusai Iduladha
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Pabaeng-baeng, Kota Makassar, Senin (11/7). Foto: Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Pabaeng-baeng, Kota Makassar, Senin (11/7).

Sidak itu dilakukan untuk mengetahui langsung dinamika stok dan harga pangan pasca Iduladha.

Menurut Mentan SYL, hasil sidak itu menunjukkan ketersediaan dan harga pangan masih aman.

"Saya mengecek dinamika produksi dan harga pangan yang berkaitan dengan inflasi, khususnya komoditas cabai dan bawang yang alami dinamika relatif serius saat menjelang Iduladha kemarin, tetapi kondisinya aman," kata Mentan SYL.

"Karena itu, perlu kita pantau terus kestabilanya hingga pasca Idul Adha dengan memperbaiki sistem logistiknya," sambungnya.

Mantan Gubernur Sulsel dua periode itu menegaskan pemerintah melakukan intervensi optimal untuk stabilitas harga khususnya cabai dan bawang.

Namun demikian, pada hari pertama setelah lebaran harga cabai dan bawang mengalami sedikit kenaikan yang fluktuatif karena suplai dari daerah produksi berkurang.

"Kami akan intervensinya dengan bekerja sama pemerintah daerah dan yang terpenting adalah Kementerian Perdagangan agar betul-betul mengatur sistem logistiknya," tegasnya.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Pabaeng-baeng, Kota Makassar, Senin (11/7).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News