Mentan Targetkan Kopi Indonesia Terbaik di Dunia

Mentan Targetkan Kopi Indonesia Terbaik di Dunia
Mentan Andi Amran Sulaiman meninjau fasilitas gudang penyimpanan bawang merah ?yang akan diekspor ke Thailand dari Brebes, Jawa Tengah, Jumat (18/8). Foto: Ken Girsang/jpnn.com

jpnn.com, BREBES - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman berharap semua pihak dapat meneruskan kerja bersama sehingga ekspor bawang merah ke Thailand dan sejumlah negara lainnya dapat terus dipertahankan.

Ini penting demi meningkatkan kesejahteraan petani dan mengembalikan kejayaan Indonesia.

"Jadi sangat penting saling bersinergi. Kalau egoisme sektoral yang berjalan, tak bisa dicapai mimpi negeri ini," ujar Amran saat melepas 12 kontainer bawang merah dari Brebes, Jawa Tengah, Jumat (18/8) sebagai tanda dimulainya ekspor ke Thailand.

Amran mengaku sudah menghadap ke Presiden Joko Widodo dan Menko Perekonomian Darmin Nasution. ‎

"Pesannya, ‎kembalikan kejayaan Indonesia 500 tahun lalu. Penjajah datang karena rempah-rempah, karena siapa yang menguasai rempah-rempah menguasai dunia. Kami memimpikan 5-10 tahun lagi kejayaan kembali, kedaulatan diraih," katanya.

Untuk meraih kedaulatan tersebut, Amran mengajak semua pihak untuk terus meningkatkan hasil pertanian. Terutama komoditas-komoditas unggulan.

"‎Kopi, lada, cengkeh, pala, sangat diminati dunia.‎ Lada Indonesia nomor satu di dunia. Kopi saat ini masih nomor empat setelah Brasil, Vietnam, dan Kolumbia. Doakan dalam dua tahun bisa menempati urutan nomor dua. Karena sebelumnya Vietnam belajar ke Indonesia," pungkas Amran. (gir/jpnn)

 


Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman berharap semua pihak dapat meneruskan kerja bersama sehingga ekspor bawang merah ke Thailand dan sejumlah negara


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News