Menteri Airlangga Pengin Ekonomi Naik saat Covid-19 Tak Terkendali, Faisal Basri: Itu Mimpi

Menteri Airlangga Pengin Ekonomi Naik saat Covid-19 Tak Terkendali, Faisal Basri: Itu Mimpi
Pengamat ekonomi Faisal H Basri. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Ekonom senior Faisal Basri menilai keinginan pemerintah memulihkan perekonomian nasional pada saat kasus positif Covid-19 terus meningkat akan sulit terwujud.

Menurut Faisal, kasus positif Covid-19 di Indonesia masih menunjukan tren kenaikan.

"Kalau mau disederhanakan, kasus di Indonesia sekarang sedang naik, ekonomi sedang turun," kata Faisal dalam diskusi daring tentang Evaluasi Enam Bulan dan Proyeksi Satu Tahun Penanganan Covid-19 di Indonesia, Sabtu (12/9).

"Pemerintah maunya, terutama Pak Airlangga (Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, red), kasus naik, ekonomi naik. Itu mimpi," tegasnya.

Pendiri Institute for Development of Economics & Finance (INDEF) itu menambahkan, sebaiknya para menteri mengikuti instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memfokuskan penanganan kesehatan ketimbang pemulihan ekonomi.

"Jadi memang begitu rumusnya. Ayo melakukan itu untuk mengendalikan virus ini, sehingga virusnya tidak mencapai tinggi. Segera mencapai puncak dan turun," ujar dia.

Faisal menambahkan, ekonomi akan tumbuh seiring dengan perbaikan sektor kesehatan dalam penanganan pandemi Covid-19. Sebab, pandemi Covid-19 tidak mengakibatkan rusaknya fasilitas ekonomi.

Menurut Faisal, pandemi Covid-19 berbeda dari bencana alam yang mengakibatkan kerusakan fasilitas ekonomi.

Faisal Basri menyatakan bahwa ekonomi akan bergerak dan investor bakal masuk jika pandemi Covid-19 terkendali.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News