Menteri Amran Larang ASN Kementan untuk Terima Bingkisan Lebaran

Menteri Amran Larang ASN Kementan untuk Terima Bingkisan Lebaran
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaeman di sela-sela kesibukannya meninjau kesiapan stok pangan jelang lebaran di Makassar, Minggu (2/6). Foto: Humas Kementan

jpnn.com, MAKASSAR - Jelang lebaran tahun ini, Mentan Amran melarang seluruh ASN di bawah Kementerian Pertanian untuk menerima parsel atau bingkisan dari siapa pun. Bingkisan yang dimaksud dapat berupa barang, diskon, fasilitas khusus atau bentuk lainnya menurut definisi gratifikasi KPK.

"Kami tegas mengatakan, tidak boleh ada pejabat atau staf yang menerima parsel, bingkisan atau hadiah dari siapa pun. Saya tidak ingin integritas mereka dicederai dengan hal demikian,” tegas Amran di sela-sela kesibukannya meninjau kesiapan stok pangan jelang lebaran di Makassar, Minggu (2/6).

Untuk itu, Mentan mengimbau semua asosiasi dan pengusaha pertanian tidak memberikan parsel ke Pimpinan dan staf Kementan dalam bentuk apa pun.

"Selama lima tahun kami memimpin kementerian, KPK sudah mengakui kinerja positif kami dalam pencegahan antikorupsi. 2017 dan 2018 kami diberikan penghargaan anti-gratifikasi terbaik, dan ini akan kami jaga komitmennya. BPK juga 3 tahun ini memberikan predikat WTP bagi Kementan,” lanjut Amran.

Amran menilai pencegahan gratifikasi dan korupsi yang baik akan membuat para ASN bekerja lebih jujur dan berintegritas. Untuk itu, Mentan meminta Inspektorat Jenderal dan pimpinan eselon 1 juga aktif memantau perilaku dan potensi terjadinya korupsi di lingkungan Kementan.

Upaya-upaya konkret pemberantasan gratifikasi dan korupsi yang telah dilakukan dengan baik di Kementan melalui penguatan kegiatan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK), SMS Center, Whistle Blowing System (WBS), dan pembentukan Unit Pengelolaan Gratifikasi (UPG) yang saat ini tentunya akan menjadi sarana pelengkap dalam menjaga jalannya roda pemerintahan di Kementerian Pertanian.

Mentan menyatakan puas dengan kesiapan antisipatif jajarannya terhadap kondisi stok pangan dan harga yang tetap stabil selama bulan ramadhan dan mendekati lebaran.

"Ini semua berkat mereka mampu bekerja sepenuh hati tanpa memikirkan hal lainnya, selain memberikan yang terbaik bagi petani dan konsumen,” tambahnya.(adv/jpnn)


Jelang lebaran tahun ini, Mentan Amran melarang seluruh ASN di bawah Kementerian Pertanian untuk menerima parsel atau bingkisan dari siapa pun.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News