Menteri Amran Lepas Ekspor 60 Ribu Ton Jagung ke Filipina

Menteri Amran Lepas Ekspor 60 Ribu Ton Jagung ke Filipina
Menteri Pertanian Amran Sulaiman dan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo saat melepas ekspor jagung tujuan Filipina di Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar, Jumat (9/3). Foto: Elfany Kurniawan/JPNN.Com

jpnn.com, MAKASSAR - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman melepas ekspor 60.000 ton jagung dari Makassar ke Filipina, Jumat (9/2). Pelepasan ekspor jagung di Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar itu juga dihadiri Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo.

Amran memecahkan kendi air di samping kapal sebagai tanda pelepasan ekspor jagung ke Filipina. Di bawah guyuran hujan, Amran tampak tetap semangat. "Kita hari ini melakukan ekspor 60.000 ton ke Filipina," kata dia.

Sementara Yasin Limpo mengatakan, ekspor itu menjadi bukti Indonesia sebagai negara yang kaya. Pasalnya, Indonesia memiliki hampir seluruh komoditas yang dibutuhkan dunia.

Menteri Amran Lepas Ekspor 60 Ribu Ton Jagung ke Filipina

Yasin menambahkan, Sulsel merupakan salah satu provinsi penghasil jagung terbesar di Indonesia. Beberapa kabupaten di Sulsel yang menjadi penghasil jagung antara lain Kabupaten Maros, Sidrap, Bone, Wajo, Soppeng, Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng dan Bulukumba serta Luwu Raya.

Berdasar data BPS, produksi jagung Sulsel pada 2017 sebesar 2.341.337 ton. Angka itu mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan, yakni 13,38 persen dibanding 2016 sebesar 2.065.125 ton.

Ekspor jagung itu merupakan kemajuan penting bagi Indonesia. Pasalnya, dahulu Indonesia mengimpor jagung sebanyak 3,6 juta ton atau senilai Rp 10 triliun.(mg1/jpnn)


Berdasar data BPS, produksi jagung Sulsel pada 2017 sebesar 2.341.337 ton. Angka itu mengalami pertumbuhan 13,38 pesen dibandingka produksi tahun lalu.


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News