Menteri Asal PDIP Tidak Ditekan, tetapi Batinnya Merasakan Hal Tidak Pas

Menteri Asal PDIP Tidak Ditekan, tetapi Batinnya Merasakan Hal Tidak Pas
Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP memastikan kader-kadernya yang menjadi menteri di Kabinet Indonesia Maju tetap bekerja sepenuh hati membantu Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Meski kini PDIP berseberangan dengan Jokowi soal jago yang didukung Pilpres 2024, partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu memerintahkan kadernya di kabinet terus bekersa menuntaskan  program-program pemerintah.

Saat ini PDIP memiliki sejumlah kader yang menjadi menteri, antara lain, Azwar Anas (menPAN-RB), Basuki Hadimuljono (menteri PUPR), I Gusti Ayu Bintang Puspayoga (menteri pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak), Teten Masduki (menteri koperasi dan UMKM), Tri Rismaharini (mensos), Yasonna Laoly (menkum HAM), dan Pramono Anung (sekretaris kabinet).

Menurut Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, para menteri yang juga kader partai berlambang kepala banteng itu tetap bekerja secara profesional.

"Jadi, menteri di PDI Perjuangan tetap bertanggung jawab bagi bangsa dan negara karena tugasnya jadi pembantu Presiden RI, siapa pun itu," kata Hasto saat ditemui awak media di Jakarta Pusat, Sabtu (18/11/2023).

Pernyataan Hasto itu untuk merespons pertanyaan wartawan soal dugaan adanya tekanan kepada menteri-menteri asal PDIP. Saat ini partai pemenang Pemilu Legislatif 2014 dan 2019 itu merupakan pengusung Ganjar Pranowo - Mahfud MD di Pilpres 2024.

Hasto yang kini menjadi sekretaris Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud itu mengatakan para menteri dari PDIP memang tidak menerima intervensi.

Namun, Hasto menyebut suasana kebatinan para menteri dari PDIP terganggu dengan kondisi perpolitikan nasional yang diwarnai tekanan.

PDIP memastikan kader-kadernya yang menjadi menteri di Kabinet Indonesia Maju tetap bekerja sepenuh hati membantu Presiden Jokowi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News