Menteri Bahlil Siapkan Strategi untuk Mengembangkan Pulau Rempang di Batam

Menteri Bahlil Siapkan Strategi untuk Mengembangkan Pulau Rempang di Batam
Menteri Investasi sekaligus Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia saat kunker di Batam. Foto: dok BP Batam

jpnn.com, BATAM - Menteri Investasi sekaligus Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia memberikan perhatian penuh terhadap pengembangan Pulau Rempang.

Hal tersebut Bahlil sampaikan usai melaksanakan rapat koordinasi pemantapan rencana investasi hilirisasi pabrik kaca dan solar panel di Pulau Rempang yang berlangsung di Hotel Marriott Batam baru-baru ini.

"Saya bersama Wali Kota sekaligus Kepala BP Batam sudah bertemu langsung dengan masyarakat Rempang. Saya sampaikan ke masyarakat terkait rencana pengembangan ini harus dilakukan dalam mendorong investasi," ujarnya didampingi Kepala BP Batam, Muhammad Rudi.

Menteri Bahlil memaparkan pengembangan Pulau Rempang sebagai kawasan ekonomi baru atau The New Engine of Indonesian’s Economic Growth dengan konsep “Green and Sustainable City" bakal mendatangkan banyak manfaat.

Salah satunya adalah dengan membuka lapangan kerja baru untuk masyarakat.

Tidak hanya itu, lanjut Bahlil, para generasi muda di sana pun akan mendapatkan pelatihan (kursus) atau edukasi khusus di bidang industri kaca dan solar panel sehingga kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk mendukung pengembangan Rempang Eco-City dapat terpenuhi dengan baik.

"Keterlibatan masyarakat akan maksimal. Industri di sana nantinya akan membuka sekitar 30 ribu lapangan pekerjaan. Masyarakat Kepri, khususnya dari Pulau Rempang akan menjadi prioritas. Ini menjadi fokus pemerintah dalam memberikan harapan kepada generasi penerusnya," tambah Bahlil.

Sesuai hasil rapat koordinasi, Bahlil juga menyampaikan rencana relokasi untuk masyarakat tetap akan berjalan.

Pulau Rempang disiapkan sebagai kawasan ekonomi baru atau The New Engine of Indonesian’s Economic Growth dengan konsep Green and Sustainable City

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News