Menteri Bidang Ekonomi Harus Sosok Kompeten dan Berintegritas, Siapa?

Menteri Bidang Ekonomi Harus Sosok Kompeten dan Berintegritas, Siapa?
Wakil Ketua Komisi I DPR Satya Yudha, Anggota Komisi XI DPR Fraksi PDIP, Eva Kusuma Sundari dan Pengamat Ekonomi Enny Sri Hartati (kiri ke kanan) saat diskusi di Media Center Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (12/9). Foto: Ist

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Institute for Development of Economic and Finance (Idenf) Enny Sri Hartati sepakat nama-nama calon menteri yang akan duduk di kabinet Jokowi – Ma’ruf Amin harus mulai dimunculkan saat ini.

Dengan begitu masyarakat, kata dia, bisa memberi penilaian secara terbuka. Apakah yang bersangkutan punya kemampuan dan integritas atau tidak. ’’Presiden bisa menjadikan masukan masyarakat untuk melihat calon pembantunya,” imbuhnya.

Menurutnya, semakin banyak parpol memunculkan nama-nama calon menteri, maka kesempatan publik untuk menilai yang bersangkutan juga semakin besar. Dan itu bagus untuk mengontrol kualitas pemerintahan ke depan.

Di sisi lain, dia menyinggung tentang kondisi bidang ekonomi. Dia menilai bidang ekonomi musti harus mendapat perhatian lebih besar di periode 2019-2024. Dikatakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini cendrung stagnan. Yaitu berkisar pada angka 5 persen.

’’Dikomparasikan dengan besarnya angka pencari kerja baru, pertumbuhan ini belum lah cukup,” imbuh Enny.

BACA JUGA: Komentar Arief Poyuono soal Peluang Adian Napitupulu menjadi Menteri

Disampaikan, tim ekonomi yang dibentuk nanti harus mampu menjawab persoalan itu. ’’Harus betul-betul sosok yang tepat. Karena ini salah satu pekerjaan utama pemerintah periode lima tahun mendatang,” jelasnya.

Lebih jauh diungkapkan, tidak relevan mendikotomikan menteri bidang ekonomi harus dari unsur parpol dan profesional. Harus ditekankan pada sosok yang kompeten dan berintegritas. Tetapi mempercayakan tim ekonomi dan bidang teknis lainnya pada kalangan profesional dapat mengurangi resiko.

Kursi menteri bidang ekonomi di kabinet Jokowi – Ma’ruf Amin harus diisi sosok kompeten dan berintegritas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News