Menteri BUMN Erick Tohir Diminta Segera Selesaikan Polemik Asuransi Jiwasraya

Menteri BUMN Erick Tohir Diminta Segera Selesaikan Polemik Asuransi Jiwasraya
PT Asuransi Jiwasraya. Foto: Jiwasraya

jpnn.com, JAKARTA - Politikus Gerindra, Andre Rosiade, meminta Menteri BUMN Erick Thohir untuk turun tangan menyelesaikan polemik Asuransi Jiwasraya yang berlarut-larut.

Menurut dia, Erick harus turun tangan mengambil langkah taktis untuk menyelesaikan persoalan Jiwasraya.

“Saya meminta Menteri BUMN untuk menyelidiki secara tuntas soal mismanajemen di Jiwasyara. Sekaligus segera lakukan restrukturisasi perusahaan, dan lakukan pembayaran klaim pemegang polis,” ujar Andre kepada wartawan, Sabtu (9/11).

Anggota DPR Komisi VI itu menambahkan, bahwa kesalahan investasi yang dilakukan PT Jiwasraya adalah persoalan serius. Sebab, persoalan ini menjadi salah satu penyebab perusahaan asuransi jiwa tertua di Indonesia ini menunda pembayaran kewajiban polis yang jatuh tempo pada Oktober lalu.

Penundaan pembayaran dilakukan untuk 711 polis produk bancassurance senilai Rp 802 miliar.

"Secara teknis, Menteri BUMN selaku pemegang saham pemerintah bisa segera pisahkan investasi bodong dari portofolio Jiwasraya dan lakukan langkah penyelamatan dengan berkoordinasi pada lembaga pengawas. Di industri keuangan, trust adalah hal yang sangat penting, jangan sampai kasus ini membuat kepercayaan masyarakat luntur pada industri,” urai Andre.

Mantan Presiden Mahasiswa Trisakti ini juga mengatakan, kelalaian fungsi pengawasan oleh lembaga berwenang seperti OJK tidak boleh terulang. Industri keuangan adalah high regulated industry, seharusnya peran pengawasan maksimal di sektor keuangan.

Andre juga meminta agar aparat penegak hukum bisa melakukan langkah tegas bila ada persoalan pidana dalam kasus Jiwasraya ini.

Politikus Gerindra, Andre Rosiade, meminta Menteri BUMN Erick Thohir untuk turun tangan menyelesaikan polemik Asuransi Jiwasraya yang berlarut-larut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News