Menteri Desa dan ISSF Bicarakan Pengembangan BUMDes

Menteri Desa dan ISSF Bicarakan Pengembangan BUMDes
Pengurus ISSF bersilaturahmi ke Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT), Jakarta, Rabu (24/11/2021). Foto: Ist for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sejumlah pengurus Indonesian Social Sustainability Forum (ISSF) bersilaturahmi ke Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT), Jakarta, Rabu (24/11).

Pengurus ISSF yang datang menemui Menteri DPDTT Abdul Halim Iskandar yakni Ketua Umum Sudarmanto, Sekjen Nurul Iman dan sejumlah pengurus lainnya.

"Dalam pertemuan pihak ISSF memaparkan kegiatan yang telah dilakukan selama ini bersama para anggota dalam berkontribusi bagi percepatan pembangunan desa," ujar Nurul Iman.

Menurut Nurul, beragam bentuk kontribusi yang sudah dilakukan oleh ISSF salah satunya terkait pengembangan dan pembinaan, di antaranya Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Saat ini ada lebih dari 100 BUMDesa yang telah dibina oleh sekitar 30 perusahaan bahkan terdapat satu perusahaan yang telah melakukan pembinaan terhadap 22 BUMDesa.

Dalam pertemuan tersebut Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar mengucapkan terima kasih kepada perusahaan-perusahaan yang merupakan anggota ISSF.

Perusahaan-perusahaan tersebut ternyata banyak melakukan pembinaan dalam percepatan pembangunan desa melalui BUMDesa.

"Saya merasa antusias terutama pada perusahaan yang membina desa wisata. Ke depannya ISSF dapat memberikan pola-pola pembinaan yang telah dilakukan agar menjadi role model terkait pembinaan BUMDesa," katanya.

Kementerian Desa PDTT berinisiatif mengundang ISSF beserta berbagai perusahaan yang menjadi anggotanya untuk menghadiri rapat koordinasi nasional BUMDesa pada 5-6 Desember 2021.

Menteri Desa Abdul Halim Iskandar bertemu sejumlah pengurus ISSF membicarakan pengembangan BUMDes.