Gus Menteri: Dana Desa Efektif Tanggulangi Dampak Pandemi

Gus Menteri: Dana Desa Efektif Tanggulangi Dampak Pandemi
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar saat menjadi pembicara kunci pada Talkshow Interaktif yang digelar oleh Sekretariat Nasional Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) secara daring, Selasa (7/9/2021). Foto: Kemendes PDTT

jpnn.com, JAKARTA - Alokasi Dana Desa berperan penting dalam menangkal dampak pandemi Covid-19 di Kawasan pedesaan.

Program Desa Aman Covid-19, Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa dan Padat Karya Tunai Desa (PKTD) berperan penting mencegah dampak pandemi di sektor kesehatan, sosial, dan ekonomi desa.

“Dalam dua tahun terakhir prioritas penggunaan dana desa kami alokasikan untuk penanganan Covid-19 di level desa,” ujar Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar saat menjadi pembicara kunci pada Talkshow Interaktif yang digelar oleh Sekretariat Nasional Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) secara daring, Selasa (7/9/2021).

Menurut Gus Menteri, setidaknya ada tiga program utama yang bersumber dari dana desa yakni Desa Aman Covid-19, BLT Desa dan PTKD. Tiga program ini terbukti berperan penting dalam penanggulangan Covid-19 di level desa.

Gus Menteri-sapaan akrab Abdul Halim Iskandar-menjelaskan hantaman pandemic Covid-19 sangat dirasakan oleh warga desa terutama di sektor sosial dan ekonomi.

Di sektor Kesehatan juga begitu dirasakan saat gelombang kedua pandemi dengan sebaran varian delta yang begitu masih hingga ke pelosok desa.

“Situasi ini membuat Kemendes PDTT meluncurkan berbagai program antisipasi agar dampak pandemi tidak kian buruk bagi warga desa,” katanya.

Di sektor Kesehatan, kata Gus Menteri, diluncurkan Program Desa Aman Covid-19 untuk meminimalkan penularan Covid-19. Dengan program ini dilakukan sosialisasi hidup sehat, penyediaan tempat cuci tangan di area publik, penyemprotan disinfektan, pendirian ruang isolasi mandiri, hingga pengadaan masker warga.

Gus Menteri mengatakan tiga program utama yang bersumber dari dana desa terbukti berperan penting dalam penanggulangan Covid-19 di level desa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News