Menteri Halim Akui Kesadaran Gunakan Masker di Desa Menurun

Menteri Halim Akui Kesadaran Gunakan Masker di Desa Menurun
Mendes Abdul Halim Iskandar meminta kepala desa agar lebih giat menyosialisasikan pentingnya menggunakan masker. Foto: Kemendes

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar meminta kepala desa agar lebih giat menyosialisasikan pentingnya menggunakan masker untuk mencegah penularan Covid-19.

Halim Iskandar atau yang disapa Gus Menteri mengakui penggunaan masker di masyarakat desa mulai menurun sehingga menyebabkan penularan Covid-19 di desa semakin meningkat dan masif.

"Berkali-kali Bapak Presiden memberikan gambaran betapa protokol kesehatan, utamanya pemakaian masker. Nah ini di desa menurut saya ada penurunan," kata Halim Iskandar saat menjadi narsum di salah satu program stasiun tv di Jakarta, Selasa (20/7).

Halim Iskandar kembali menegaskan agar seluruh warga desa untuk laksanakan Protokol Kesehatan dengan ketat seperti selalu memakai masker, mencuci pakai sabun dengan air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan serta kurangi mobilitas atau interaksi.

Lebih lanjut, Halim Iskandar menjelaskan perihal pemanfaatan dana desa tahun anggaran 2021. Menurutnya, ada tiga hal yang harus menjadi fokus Kepala Desa dalam memanfaatkan dana desa, salah satunya BLT Dana Desa.

"Ini harus betul-betul dioptimalkan dan tidak boleh kurang dari tahun 2021 yang mencapai kurang lebih delapan juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Bahkan, di daerah tertentu bisa naik dari tahun sebelumnya," imbuh dia.

Selanjutnya, dana desa harus digunakan untuk Padat Karya Tunai Desa (PKTD). Menteri Halim punya target minimal dana desa yang digunakan untuk PKTD mencapai 16 triliun atau sama dengan tahun sebelumnya, dengan harapan menyerap tenaga kerja di desa yang terdampak Covid-19.

Terakhir, Abdul Halim meminta dana desa agar difokuskan untuk Desa Aman Covid yaitu mencegah penularan Covid-19, dengan cara memaksimalkan Pos Jaga Gerbang Desa yang telah disiapkan oleh desa sejak 2020.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar meminta kepala desa agar lebih giat menyosialisasikan pentingnya menggunakan masker untuk mencegah penularan Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News