Menteri Hanif Dorong Dunia Usaha Terlibat Pendidikan Vokasi

Menteri Hanif Dorong Dunia Usaha Terlibat Pendidikan Vokasi
Menaker Hanif Dhakiri saat menghadiri acara Dialog Bersama Menteri Ketenagakerjaan bertajuk Let's Do Something for Nation yang diselenggarakan oleh IPMI International Business School, Jumat (17/11). Foto: Kemenaker

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri  mendorong tenaga kerja Indonesia memiliki akses yang lebih baik untuk meningkatkan kompetensi.

"Kompetensi sangat penting untuk memasuki pasar kerja yang semakin kompetitif," kata Hanif saat menghadiri dialog bersama menteri ketenagakerjaan bertajuk Let's Do Something for Nation yang diselenggarakan oleh IPMI International Business School, Jumat (17/11).

Pada kesempatan tersebut, Hanif mendorong dunia usaha lebih terlibat dalam masalah pendidikan vokasi.

"Salah satu masalah dunia kerja adalah miss-match kompetensi. Untuk mengurangi itu, maka industri harus terlibat dalam proses pendidikan sehingga lulusannya sesuai dengan kebutuhan industri," ujar Hanif.

Dia menambahkan, keterlibatan industri bisa dari berbagai sektor, misalnya dalam membuat kurikulum.

Hanif juga mengimbau lembaga pendidikan memperhatikan perkembangan teknologi yang semakin pesat.

"Karena perubahan teknologi, maka karakter pekerjaan juga berubah sehingga keterampilan yang diperlukan juga berubah," tuturnya.

Menurut Hanif, perkembangan teknologi juga harus dimanfaatkan untuk mempermudah proses pembelajaran.

Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri mendorong tenaga kerja Indonesia memiliki akses yang lebih baik untuk meningkatkan kompetensi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News