Menteri Johnny Ajak Insan Pers Berani Beradaptasi Semasa Disrupsi Teknologi

Menteri Johnny Ajak Insan Pers Berani Beradaptasi Semasa Disrupsi Teknologi
Menteri Komunikasi dan Informatkika (Menkominfo) Johnny G. Plate. Foto: tangkapan layar diskusi virtual.

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengajak insan pers di Indonesia berani beradaptasi dan berinovasi semasa disrupsi teknologi sebagai dampak pandemi Covid-19.

Namun, kata dia, insan pers tetap perlu menjaga relevansi sekaligus eksistensi media meskipun ada disrupsi teknologi dan pandemi.

"Di sektor konsumsi media, terjadi pergeseran konsumsi media yang dinikmati oleh masyarakat," kata Johnny saat membuka acara Buka Tahun Bersama Paguyuban Wartawan Katolik (PWKI) yang berlangsung virtual, Selasa (22/2). 

Dia mengatakan bahwa konsumsi media konvensional mengalami tren yang terus menurun selama satu dekade terakhir dari 2011 hingga 2021

Menurut pria kelahiran Nusa Tenggara Timur (NTT) itu, tren bisa terlihat dari konsumsi media cetak yang turun sebesar 50 persen, televisi sebesar 24 persen, dan radio sebesar 19 persen. 

Di sisi lain, kata Johnny, media berbasis komputer mengalami peningkatan konsumsi sebesar 25 persen dan berbasis seluler sebesar 460 persen.

Hal itu diperkuat dari catatan di sektor produksi bidang komunikasi, jurnalisme, dan media massa.

Sebanyak 75 persen eksekutif perusahaan global di tiga bidang itu menyampaikan bahwa kebutuhan untuk berinovasi tidak pernah lebih tinggi dari sebelumnya. 

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengajak insan pers di Indonesia berani beradaptasi dan berinovasi semasa disrupsi teknologi sebagai dampak pandemi Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News