Menteri Jonan: Ini Penting!

Menteri Jonan: Ini Penting!
Menteri Perhubungan RI, Ignasius Jonan. FOTO. DOK.IST.

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan menyambut baik kesepakatan yang terjalin antara PT Kereta Api Indonesia (KAI) dengan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II, terkait masuknya jalur kereta api (KA) ke pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Untuk menekan tingkat kemacetan di pelabuhan, kedua BUMN tersebut telah sepakat untuk memulai pengerjaan jalur KA tahun ini.  

“Kira-kira 3 minggu lalu ada pertemuan Kemenhub, Pelindo II dan KAI dan sepakat diusahakan tahun ini ada jalur KA bisa masuk ke (Pelabuhan) Tanung Priok dan di Cirebon. Itu kesepakatan mereka berdua,” ujar Menteri Jonan di Bandara Halim Perdanakusuma, Sabtu (12/9) petang.

Dengan adanya jalur KA masuk ke pelabuhan, menurut Jonan para pengusaha mempunyai pilihan lain untuk menuju ke pelabuhan. Sebab, selama ini untuk membawa barang, hanya bisa ditempuh dengan menggunakan truk atau kontainer saja. Mantan Dirut PT KAI ini menambahkan dalam hal ini pihaknya hanya sebagai fasilitator.

“Yang mengerjakan bukan perhubungan, kami yang memfasilitasi. Ini penting ya, sehingga logistik itu ada pilihan (antar barang-red), mau pakai truk boleh, kereta boleh, sehingga (persaingannya-red) bisa kompetitif,” tandas Jonan.(chi/jpnn)

JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan menyambut baik kesepakatan yang terjalin antara PT Kereta Api Indonesia (KAI) dengan PT Pelabuhan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News