Menteri Jonan Pertanyakan Desain Trase Kereta Cepat yang Diajukan KCIC

Menteri Jonan Pertanyakan Desain Trase Kereta Cepat yang Diajukan KCIC
Menteri Perhubungan Ignasius Jonan. FOTO: DOK.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mempertanyakan desain pembangunan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung yang diajukan oleh PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC). PT KCIC telah mengajukan trase jalur kereta cepat Jakarta-Bandung memiliki panjang 142,3 kilometer (km), dengan empat stasiun pemberhentian dan satu dipo.

Namun dalam proposal yang Jonan terima, KCIC baru memberikan detail desain trase jalur kereta cepat 5 Km. Hal tersebut justru menambah molor waktu pemberian izin untuk memulai pembangunan kereta cepat.

“Mereka (KCIC) kan mengajukan izin pembangunan trase 142,3 Km, tapi yang saya terima detail desainnya hanya 5 Km. Kalau disiapkan 5 Km dulu, ya kami kasih izinnya 5 Km dulu,” ujar Jonan di Komplek Istana, Jakarta, Selasa (9/2).

Detail desain jalur trase yang diajukan oleh KCIC tersebut dirasa masih belum memenuhi. Menurut Jonan, KCIC harus membuat detail desain minimal seperempat dari panjang trase yang akan dibangun.

“Masa 142,3 Km bikin didesainnya 5 Km, ya mending sekurang-kurangnya minimal seperempatnyalah, 35 Km dulu dalam detail desain ini. Jangan cuma 5 Km saja," keluh mantan dirut KAI ini.(chi/jpnn)


JAKARTA – Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mempertanyakan desain pembangunan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung yang diajukan oleh PT Kereta


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News