Menteri Kelautan Pulangkan 113 ABK Asal Vietnam

Menteri Kelautan Pulangkan 113 ABK Asal Vietnam
ABK Vietnam. Foto Ilustrasi. Dokumen JPNN

jpnn.com - ANAMBAS - Sedikitnya 113 anak buah kapal (ABK) non yuridis asal Vietnam akan pulangkan ke negara asalnya. Semua ABK tersebut akan diangkut dari Anambas menggunakan dua kapal pengawas perikanan yakni Orca 2 dan Orca 4 pada hari ini Senin (12/9) sekitar pukul 09.00 WIB.

Semua ABK tersebut akan diangkut dari Anambas menggunakan dua kapal pengawas perikanan yakni Orca 2 dan Orca 4 pada hari ini Senin (12/9) sekitar pukul 09.00 WIB.

Dua kapal pengangkut ABK kapal asing tersebut akan tiba di Pelabuhan Teluk Lampa Natuna pada keesokan harinya Selasa (13/9). 

Setelah sampai di pelabuhan dijadwalkan semua ABK akan diatar ditengah laut yang sudah ditentukan.

"Sebelum diantar ke titik temu yang ada di tengah laut, ada acaranya lebih dulu karena Menteri Luar Negeri asal Vietnam juga datang ke Natuna," ungkap Kepala Satker Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Antang Muchammad Erwin, kepada wartawan, Minggu (11/9).

Erwin, menjelaskan, pemulangan tersebut merupakan hasil keputusan pemerintah pusat dalam hal ini adalah Kementerian Kelautan dan Perikanan RI dengan kedutaan besar negara Vietnam beserta Kementerian Puar Negeri Vietnam beberapa waktu lalu.

"Ini merupakan kerjasama dengan kedutaan besar Negara Vietnam, jadi yang kita pulangkan itu hanya warga negara Vietnam saja, tidak ada warga negara lainnya," ungkapnya seperti diberitakan batampos (Jawa Pos Group) hari ini (11/9).

Bukan hanya warga negara Vietnam yang di Anambas saja yang dipulangkan tapi yang ditahan di Batam juga dipulangkan melalui Natuna. ABK Vietnam dari batam diangkut dengan kapal Orca 1 yang berangkat bersamaan pada Senin (12/9) sekitar pukul 09.00 WIB. 

ANAMBAS - Sedikitnya 113 anak buah kapal (ABK) non yuridis asal Vietnam akan pulangkan ke negara asalnya. Semua ABK tersebut akan diangkut dari Anambas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News