Menteri Keuangan Membeber 7 Isu yang Bakal Dibahas dalam G-20

Menteri Keuangan Membeber 7 Isu yang Bakal Dibahas dalam G-20
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkap agenda prioritas jalur keuangan atau finance track yang akan dibahas dalam Presidensi G-20 Indonesia. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkap agenda prioritas jalur keuangan atau finance track yang akan dibahas dalam Presidensi G-20 Indonesia.

Menurut dia, fokus yang dibahas pada penanganan isu-isu global.

“Agenda di finance track yang akan dibahas kita nanti ada tujuh agenda,” katanya dalam konferensi pers secara daring di Jakarta, Selasa.

Agenda pertama adalah koordinasi kebijakan global dalam memulihkan ekonomi termasuk terkait exit policy atau pengurangan intervensi kebijakan makro yang luar biasa dan tidak sustainable secara bertahap dan terkoordinasi oleh negara anggota G20.

Menurutnya, exit policy ini akan membuat pertumbuhan ekonomi di masing-masing negara maupun global menjadi lebih sustainable.

“Ini bukan masalah mudah karena setiap negara memiliki kondisi yang berbeda-beda,” ujarnya.

Agenda kedua terkait dampak pandemi COVID-19 di bidang kesehatan maupun perekonomian seperti adanya supply disruption dan korporasi yang mengalami kesulitan neraca.

“Pembahasan productivity dan memulihkan ekonomi kembali serta bagaimana policy didesain akan jadi bahan kedua di finance track,” katanya.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkap agenda prioritas jalur keuangan atau finance track yang akan dibahas dalam Presidensi G-20 Indonesia.