Menteri LHK Bersama Masyarakat Bersihkan Pantai Cilacap

Menteri LHK Bersama Masyarakat Bersihkan Pantai Cilacap
Menteri LHK Siti Nurbaya dalam aksi bersih pantai bersama warga di Cilacap, Jateng. Foto: Humas KLHK

jpnn.com, CILACAP - Menteri LHK Siti Nurbaya melakukan kegiatan Coastal Clean Up/Bersih Pantai di Pantai Teluk Penyu Cilacap, Jawa Tengah bersama sekitar 3.000 warga dan para pekerja Pertamina (Persero) Refinery Unit IV (Pertamina RU IV).

Kegiatan ini merupakan kampanye mengajak masyarakat untuk peduli dalam upaya pengurangan sampah, terutama sampah plastik sekali pakai. Kegiatan bersih pantai kali ini dapat mengumpulkan total 7.2 ton sampah yang mengotori bibir pantai.

Menteri Siti turun langsung memungut sampah dan memasukannya ke dalam karung untuk kemudian dilakukan penimbangan.

Kegiatan bersih pantai ini sangat antusias diikuti oleh warga sekitar pantai. Bahkan salah seorang ibu dengan semangat ikut membantu memungut sampah dengan tangan kosong tanpa dilengkapi sarung tangan.

Melihat hal tersebut Menteri Siti segera menghampiri si ibu untuk memintanya menggunakan sarung tangan miliknya yang sebelah kiri. Kejadian itu sontak membuat sang ibu kaget dan sangat berterima kasih atas kepedulian Menteri Siti.

"Yang paling penting dari gerakan bersih pantai ini adalah gambaran munculnya antusiasme dan tanggung jawab masyarakat. Karena kalo soal lingkungan selain regulasinya itu kampanye publiknya untuk mengajak masyarakat, saya kira kita sudah mulai itu sekarang," ujar Menteri Siti.

Kegiatan ini juga dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh pada tanggal 21 Februari yang lalu. Secara nasional kampanye peduli sampah telah dilakukan dengan pencanangan Aksi Bersih Sampah Nasional yang telah dilaksanakan di Taman Wisata Alam (TWA) Kapuk, Jakarta pada tanggal 4 Maret 2019 kemarin. 

Bersih Pantai di Pantai Teluk Penyu Cilacap ini melibatkan masyarakat sekitar, pengunjung, anak-anak sekolah dan juga para pekerja di Pertamina RU IV Cilacap.

Kegiatan Aksi Bersih Pantai sudah dilaksanakan di beberapa kota di tanah air dalam rangka HPSN.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News