Menteri Nadiem Sebut Program Sekolah Jurnalisme Indonesia Sejalan dengan Merdeka Belajar

Menteri Nadiem Sebut Program Sekolah Jurnalisme Indonesia Sejalan dengan Merdeka Belajar
Mendikbudristek Nadiem Makarim mengapresiasi komitmen Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat dalam meningkatkan kualitas jurnalisme Indonesia melalui SJI. Foto Humas Kemendikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - Mendikbudristek Nadiem Makarim mengapresiasi komitmen Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat dalam meningkatkan kualitas jurnalisme Indonesia melalui SJI.

Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI) merupakan program yang diinisiasi oleh PWI untuk meningkatkan kompetensi dan wawasan wartawan  sesuai dengan perkembangan zaman.

 Menteri Nadiem mengapresiasi terselenggaranya kembali program SJI. Menurutnya, SJI merupakan program yang sangat relevan guna memperkuat kualitas jurnalisme di Indonesia.

“Di era modern seperti saat ini, teknologi telah mengubah segala aspek dalam  sektor jurnalisme dan harus berkompetisi dengan teknologi artificial intelligence (AI)," kata Menteri Nadiem, Kamis (8/2).

Dia menjeskan program SJI sangat diperlukan untuk menguatkan integritas dan pemikiran kritis di kalangan wartawan,  serta mengembangkan kemampuan  menulis yang baik  guna memperkuat kualitas jurnalisme Indonesia.

Lebih lanjut, Mendikbudristek menekankan bahwa program SJI sejalan dengan visi gerakan Merdeka Belajar. Di era seperti ini, informasi sudah sangat berlimpah. Oleh karena itu, dibutuhkan kemampuan berpikir kritis dan tingkat literasi yang tinggi untuk bisa menganalisis dan menginterpretasi informasi dengan matang, lalu menyajikan berita yang sesuai dengan informasi yang ada. 

"Itulah kekuatan jurnalisme yang sejalan dengan dengan visi peningkatan kemampuan literasi dalam gerakan Merdeka Belajar,” ujarnya.

Nadiem menggarisbawahi pentingnya menguatkan integritas para wartawan muda. Hal tersebut berkenaan dengan peran dan tanggung jawab wartawan sebagai pendidik bagi masyarakat.

Menteri Nadiem sebut program sekolah jurnalisme Indonesia sejalan dengan Merdeka Belajar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News