Menteri Nasir: Seni Harus jadi Industri

Menteri Nasir: Seni Harus jadi Industri
Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir. (Foto: Ist/Jpnn)

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengatakan, Indonesia tidak boleh hanya fokus pada pengembangan iptek serta riset. Seni dan budaya daerah harus ditumbuh-kembangkan.

"Seni menyatukan kita semua dalam damai dan sejahtera. Dengan seni ini kita memberikan nilai-nilai yang mencerminkan Indonesia dalam berbagai suku bangsa dan menjadi satu dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia," ucap Menteri Nasir, Minggu (8/7).

Nasir menekankan, sekolah seni harus bergandengan dengan Dinas Pariwisata di daerah, karena memberikan nilai lebih nantinya untuk ekonomi bila sudah terjalin kerja sama yang baik.

"Seni harus bisa jadi industri. Angkat kearifan lokal. Barangkali perlu satu mata kuliah yang mendukung itu, yaitu art management atau art enterpreneurship. Jadi bisa diajarkan kolaborasi dengan bisnis travel, hotel dan lainnya, saya yakin pasti bisa. Saya akan minta kegiatan seni yang lebih banyak, dan itu didanai oleh Kementerian," bebernya. (esy/jpnn)

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir menegaskan seni dan budaya daerah harus ditumbuh kembangkan selain iptek dan riset.


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News