Senin, 21 Mei 2018 – 08:14 WIB

Menteri Nasir Siap Turun Langsung Promosikan Hasil Riset

Kamis, 17 Mei 2018 – 17:09 WIB
Menteri Nasir Siap Turun Langsung Promosikan Hasil Riset - JPNN.COM

M Nasir. Foto: JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristeksikti) Mohamad Nasir siap mempromosikan produk unggulan hasil riset para peneliti. Dia bahkan siap turun langsung ke produsen untuk berjualan.

"Saya mau bantu promosikan hasil riset para peneliti. Kalau produknya unggul dan bermanfaat bagi masyarakat kenapa tidak," ujarnya di Jakarta, Kamis (17/5).

Dia menyebutkan banyak hasil riset peneliti yang bagus hanya tersimpan di universitas. Di era revolusi industri 4.0, saatnya hasil riset dihilirisasi.

Menteri Nasir mencontohkan buah merah dari Papua yang kini populer di Jepang. Begitu juga lipstik bunga yang jadi idola para perempuan Eropa.

"Itu semua hasil riset para peneliti kita yang berhasil menghasilkan produk unggulan iptek," terangnya.

Direktur Jenderal Kelembagaan Iptek dan Dikti Kemenristekdikti Patdono Suwignjo mengungkapkan, hingga saat ini ada 46 produk unggulan yang akan dihilirisasi.

Produk-produk tersebut meliputi bidang pertanian, maritim, teknologi informasi komunikasi (TIK), kesehatan, material maju, dan makanan.

"Para peneliti di PUI (produk unggulan iptek) sudah menghasilkan produk unggulan dan telah dipatenkan. Saatnya pemerintah mencarikan pasar baik dalam maupun luar negeri. Upaya itu sudah kami lakukan dan mulai kelihatan hasilnya," kata Patdono.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar