Menteri PPN Ungkap Sejumlah Strategi Pembangunan dalam RKP 2023

Menteri PPN Ungkap Sejumlah Strategi Pembangunan dalam RKP 2023
Menteri PPN Suharso Monoarfa.. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Suharso Monoarfa menyampaikan arah kebijakan dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2023 bertajuk Peningkatan Produktivitas untuk Transformasi Ekonomi yang inklusif dan Berkelanjutan.

Arah kebijakan itu disampaikan Suharso Monoarfa dalam Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Pembangunan (Rakortekrenbang) 2022, Senin (21/2).

Menteri sekaligus Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) itu menyebut peningkatan produktivitas itu akan dicapai dengan beberapa kebijakan.

Kebijakan itu meliputi penghapusan kemiskinan ekstrem serta peningkatan kualitas sumber daya manusia, terutama dalam hal kesehatan dan pendidikan.

"Problem statement kesehatan dan pendidikan itu klir, jelas, targetnya mudah untuk dicapai," ujar Suharso.

Arah kebijakan lainnya ialah penanggulangan pengangguran yang disertai peningkatan pekerjaan yang layak.

Kemudian, mendorong pemulihan dunia usaha, revitalisasi industri hingga penguatan riset terapan, terutama untuk hilirisasi.

"Hilirisasi terbukti dari satu sektor saja, misalnya, dari nikel itu nilainya bisa dari USD 1 miliar menjadi puluhan miliar dolar," ujar ketua umum PPP itu.

Menteri PPN Suharso Monoarfa menyampaikan sejumlah strategi pembangunan dalam RKP 2023 di Jakarta, Senin (21/2). Ada soal IKN Nusantara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News