Menteri PU: Kerusakan Jalan Nasional di Banten Terparah di Jawa

Menteri PU: Kerusakan Jalan Nasional di Banten Terparah di Jawa
Menteri PU Basuki Hadi Mulyono (keenam dari kanan) saat memeriksa kondisi jalan nasional di Lebak, Kamis (11/12). Foto: Yudha/Radar Banten/JPNN

jpnn.com - BAYAH – Infrastruktur jalan di Provinsi Banten mendapat rapor merah dari Menteri Pekerjaan Umum Basuki Hadi Mulyono. Menurutnya, infrastruktur jalan di Provinsi Banten paling parah dibanding kondisi jalan di jalur pulau Jawa lain yang ada di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Hal ini disampaikan Basuki saat memeriksa kondisi jalan di jalur Simpang–Malingping dan Bayah–Cibareno di perbatasan Banten–Jawa Barat, Kamis (11/12).

Dalam kunjungan tersebut, Menteri Basuki didampingi oleh Dirjen Bina Marga Djoko Murdianto, Direktur Bina Pelaksana Wilayah II Adriananda dan Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional Wilayah IV Bambang Hartadi.

“Dari hasil pengecekan, mungkin jalan di Banten yang paling parah dibanding jalan di jalur Jawa Barat dan Jawa Tengah,” kata Basuki kepada wartawan, saat singgah di lokasi pembangunan pabrik semen di Desa Darmasari, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak.

Menurut Basuki, kondisi jalur di Provinsi Banten cukup parah sehingga perlu secepatnya mendapat perbaikan. Untuk itu, pihak kementeriannya sudah berkoordinasi dengan dirjen terkait agar jalur jalan Nasional di Banten itu segera mendapat penanganan. Rencananya lanjut dia, beberapa jalur jalan nasional di Banten seperti Simpang-Bayah yang sepanjang 33 kilometer akan diperlebar menjadi tujuh meter.

“Ruas jalan tersebut akan ditingkatkan atau diperlebar jadi tujuh meter,” ujarnya.

Dia mengatakan, perlunya jalan itu segera dibangun untuk mendongkrak perekonomian warga. Karena, kondisi jalan saat ini sudah sangat memprihatinkan yang sudah barang tentu berdampak buruk terhadap aktivitas perekonomian warga. Untuk menunjang pembangunan itu lanjut Basuki, kementeriannya akan menyiapkan anggaran sebesar Rp 330 miliar untuk membangun ruas jalan Simpang – Bayah. Anggaran itu akan direalisasikan pada tahun 2015.

“Sudah kita anggarkan. Tahun depan sudah bisa direalisasikan,” tandasnya.

Jalur lain yang akan dipantau Basuki, yakni jalur Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Cianjur, Padalarang, Cileunyi, Sumedang dan Kanci.

BAYAH – Infrastruktur jalan di Provinsi Banten mendapat rapor merah dari Menteri Pekerjaan Umum Basuki Hadi Mulyono. Menurutnya, infrastruktur

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News