Menteri PU Perintahkan Lelang Jalan Tol Manado-Bitung

Menteri PU Perintahkan Lelang Jalan Tol Manado-Bitung
Menteri PU Perintahkan Lelang Jalan Tol Manado-Bitung

jpnn.com - MANADO - Rencana pembangunan Tol Manado-Bitung menjadi perhatian Menteri Pekerjaan Umum Joko Kirmanto. Joko pun memerintahkan instansi terkait untuk segera melakukan lelang pembangunan jalan tol tersebut pada awal tahun anggaran 2014.

"Hal itu disampaikan Pak Menteri saat bertemu dengan Gubernur Sulut Sinyo Harry Sarundajang di Manado Sabtu (23/11)," kata Kabag Humas Pemprov Sulawesi Utara Judhistira Siwu di Manado, Senin (25/11).

Menteri mengapresiasi pihak pemerintah provinsi Sulut yang sangat serius dalam mempersiapkan pembangunan jalan tol tersebut. Menurut Joko, sebelumnya pihaknya memang menerima laporan-laporan yang simpang siur tentang proses pembebasan lahan untuk pembangunan jalan tol tersebut. Namun setelah diberikan penjelasan oleh gubernur disertai data-data pendukung, tidak ada alasan lagi untuk menunda proses pembangunan jalan tol yang akan menjadi urat nadi perekonomian Sulut itu.

Gubernur Sarundajang telah menyampaikan penjelasan singkat kepada menteri dan rombongan mengenai kesiapan pemprov terhadap pembebasan lahan untuk pembangunan jalan tol tersebut.

Akhir tahun ini, tepatnya Desember pembebasan lahan akan tuntas dibayarkan. "Atas nama pemerintah dan masyarakat Sulut kami mohon kepada Pak Menteri kiranya pembangunan jalan tol ini dapat segera dimulai," kata Sarundajang.

Pada kesempatan itu Gubernur Sarundajang juga memaparkan tentang korelasi antara keberadaan jalan Tol Manado-Bitung dengan Kawasan Ekononomi Khusus (KEK) Bitung sebagaimana tertuang dalam Master Plan Perencanaan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) koridor Indonesia Timur.

Menteri PU mengadakan kunjungan kerja selama dua hari di Sulut (23-24/11) dalam rangka peninjauan langsung terhadap kesiapan lahan pembangunan jalan Tol Manado-Bitung dan membuka "Bunaken Sulawesi Utara Gateball Open Tournament" di Manado. (ant/mas)

MANADO - Rencana pembangunan Tol Manado-Bitung menjadi perhatian Menteri Pekerjaan Umum Joko Kirmanto. Joko pun memerintahkan instansi terkait untuk


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News