Menteri Puan Beber Peran Penting Perempuan di Bidang Ekonomi

Menteri Puan Beber Peran Penting Perempuan di Bidang Ekonomi
Puan Maharani. Foto: Kemenko PMK

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengatakan, saat ini dunia industri memasuki memasuki era Industri 4.0.

Hal itu ditandai dengan kegiatan ekonomi berbasiskan pada teknologi cyber atau ekonomi digital.

Dia menambahkan, pemerintahan Presiden Joko Widodo telah mencanangkan visi Indonesia menjadi negara ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada 2020.

“Salah satu upaya pemerintah untuk menciptakan ekosistem ekonomi digital adalah dengan melakukan deregulasi kemudahan berusaha,” kata Puan dalam acara Indonesia Women Forum 2018 yang diselenggarakan di Ciputra Artpreneur, Jakarta, 8-9 November.

Menurut laporan Bank Dunia, peringkat kemudahan berusaha Indonesia meningkat dari peringkat 109 menjadi 91 dalam dua tahun terakhir.

Pemerintah juga menyediakan akses permodalan melalui kredit usaha rakyat yang mencapai nilai Rp 120 triliun.

“Acara Indonesia Womens Forum 2018 ini merupakan salah satu upaya penting dalam membangun pelaku usaha yang kuat dan kreatif khususnya kaum perempuan,” kata Puan.

Puan menambahkan, dibutuhkan beberapa upaya bersama untuk memperkuat ekonomi digital bagi perempuan.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengatakan, saat ini dunia industri memasuki memasuki era Industri 4.0.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News