Menteri Retno dan Susi Sah jadi Warga Kehormatan Kapal Selam

Menteri Retno dan Susi Sah jadi Warga Kehormatan Kapal Selam
Kasal Laksamana TNI Ade Supandi menyematkan Brevet Hiu Kencana yakni warga kehormatan Kapal Selam kepada Menlu Retno dan Menteri KKP Susi dan empat pejabat lain di Kapal Selam Nagapasa-403, Rabu (10/1). Foto: Dispenal

jpnn.com, BALI - Dua dari enam pejabat negara yakni Menteri Luar Negeri Retno P Marsudi dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti resmi dan sah menyandang status sebagai warga kehormatan Kapal Selam.

Dua menteri perempuan di era Presiden Joko Widodo ini diangkat sebagai warga kehormatan kapal selam melalui prosesi penyematan Brevet Hiu Kencana oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi. Penyematan brevet tersebut berlangsung di Kapal Selam Nagapasa-403 yang sedang menyelam di perairan Benoa, Bali, Rabu (10/1/2018).

Selain Retno dan Susi, empat pejabat lain yang juga mendapatkan Brevet Hiu Kencana adalah Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal TNI Mulyono, dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Penyematan brevet tersebut diawali dengan savety brief di conference room KRI I Gusti Ngurah Rai. Selanjutnya, Panglima TNI, Kasad, Kapolri dan tiga Menteri Negara itu menggunakan Sea Rider Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska) Koarmatim menuju KRI Nagapasa-403 yang dikomandani Letkol Laut (P) Herry Setyawan.

Ombak yang menerjang tidak menyurutkan semangat para pejabat negara menjadi keluarga besar kapal selam.

Keenam pejabat ini didampingi oleh Komandan Satsel Koarmatim Kolonel Laut (P) Iwa Kartiwa dan Komandan Satkopaska Koarmatim Kolonel Laut (P) Henricus Prihantoko. Mereka menempuh jarak sejauh 2 nautical miles, rombongan berpindah dari sea rider ke KRI Nagapasa-403.

Menteri Retno dan Susi Sah jadi Warga Kehormatan Kapal Selam

Tiga Menteri bersama Panglima TNI, Kasad dan Kapolri menerima Brevet Hiu Kencana dari Kasal Laksamana TNI Ade Supandi. Foto: Dispenal

Pemberian Brevet Hiu Kencana ini tidak hanya simbol akan tetapi merupakan penghormatan dari TNI AL khususnya Satuan Kapal Selam kepada tokoh yang berjasa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News