Menteri Rini Uji Coba KA Bandara Soetta, Hasilnya?

Menteri Rini Uji Coba KA Bandara Soetta, Hasilnya?
Kereta Bandara Soekarno-Hatta. Foto: Indopos/JPNN

jpnn.com, TANGERANG - Menteri BUMN Rini Soemarno hari ini melakukan uji coba perdana pengoperasian KA Bandara Soekarno Hatta (BSH) dari Stasiun Bandara hingga Stasiun Sudirman Baru, Jakarta.

Proyek KA Bandara Soekarno Hatta dijalankan berdasarkan Perpres Nomer 83/2011, yang mengamanahkan PT KAI untuk membangun prasarana dan sarana KA Bandara Soekarno Hatta.

"Tadi saya juga sudah coba dari mulai pesan tiket hingga keluar gate, semua berjalan lancar. Insya Allah nanti bisa dioperasikan sebelum Natal," kata Rini di Stasiun Sudirman Baru, Jakarta, Selasa (28/11).

Rini juga menjelaskan pembangunan KA Bandara ini merupakan wujud sinergi BUMN. Di mana selain melibatkan KAI, juga ada PT Len Industri yang membangun persinyalannya dan PT INKA sebagai pembuat keretanya.

"Jadi ini semua hasil karya anak bangsa, bahkan sistem ticketing tadi juga dikembangkan sendiri oleh Railink," tambah dia.

Sementara itu, Direktur Utama Railink Heru Kuswanto menambahkan, keberadaan KA Bandara Soekarno Hatta ini diharapkan mampu menarik minat masyarakat untuk berkendara trasportasi umum.

Di sisi lain, keberadaan KA Bandara ini diharapkan mampu menambah alternatif berkendara transportasi umum bagi masyarakat dan memperbaiki akses Bandara terbesar di Indoenesia ini.

"Pengalaman membuktikan bahwa pengoperasi KA Bandara Kualanamu ternyata mampu memperbaiki rating Bandara Kulanamu terkait aksesibilitas," tandas Heru.(chi/jpnn)


Pembangunan KA Bandara ini merupakan wujud sinergi BUMN. Di mana selain melibatkan KAI, juga ada PT Len Industri dan PT INKA.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News