Menteri Saleh Optimis Industri Otomotif Tumbuh Cepat

Menteri Saleh Optimis Industri Otomotif Tumbuh Cepat
Saleh Husin. Foto: dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA--‎Menteri Perindustrian Saleh Husin menyatakan, potensi pasar dalam negeri saat ini bisa menjadi pendorong bagi pelaku usaha otomotif untuk terus mengembangkan produknya sehingga memperdalam struktur industri otomotif nasional‎.

Berdasarkan data yang dihimpun Kemenperin, penjualan kendaraan bermotor roda empat mencapai 1,1 juta unit‎ pada 2015. Angka penjualan ini akan terus tumbuh‎ seiring peningkatan ekonomi nasional. 

“Kami optimis industri kendaraan bermotor dalam negeri semakin berkembang dan terus mengalami pertumbuhan yang cukup pesat,” ucap Menteri Saleh, Jumat (8/4).

Apalagi, ‎pemerintah telah memprioritaskan pengembangan industri otomotif nasional melalui berbagai upaya strategis terutama untuk menarik investasi baru dan mendorong peningkatan kapasitas produksi. ”Ini merupakan komitmen pemerintah bersama stakeholders untuk mewujudkan visi menjadikan Indonesia sebagai basis produksi industri otomotif dan komponen kelas dunia,” tegasnya.

Disebutkannya, langkah strategis yang telah dilakukan Kemenperin dalam mewujudkan visi tersebut, antara lain memperkuat struktur industri otomotif melalui peningkatan kemampuan industri komponen dan infrastruktur teknologi, peningkatan daya saing industri otomotif melalui peningkatan kemampuan SDM dan manajemen industri, serta peningkatan penguasaan teknologi dan R&D industri otomotif.

Sementara itu, sebagai industri yang memberikan efek ganda cukup besar terhadap kegiatan sektor ekonomi lainnya, industri otomotif telah berkontribusi terhadap penyerapan tenaga kerja sebanyak 1,5 juta orang. Jumlah itu terdistribusi pada berbagai sektor mulai dari industri perakitan, industri komponen lapis pertama, kedua dan ketiga, sampai di tingkat bengkel resmisales, service dan spare parts.

“Oleh karena itu, keberadaan industri otomotif nasional tidak hanya dipandang sebagai salah satu sektor yang telah memberikan sumbangannya cukup signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional, melainkan juga telah mampu mendorong terjadinya peningkatan kemampuan sumber daya manusia,” paparnya.‎ (esy/jpnn)


JAKARTA--‎Menteri Perindustrian Saleh Husin menyatakan, potensi pasar dalam negeri saat ini bisa menjadi pendorong bagi pelaku usaha otomotif


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News