Menteri Siti: 3 Forum Multilateral Ini Memiliki Nilai Masing-masing

Menteri Siti: 3 Forum Multilateral Ini Memiliki Nilai Masing-masing
Menteri LHK Siti Nurbaya saat menerima kunjungan Sekretaris Negara dan Utusan Khusus untuk Urusan Iklim Jerman, Jennifer Lee Morgan di Manggala Wanabakti, Jakarta (10/5). FOTO: dok KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mengatakan tiga forum multilateral, yaitu G20, G7 dan UNFCCC memiliki nilai masing-masing.

Menurut dia, Indonesia menyakini dan menghormati UNFCCC sebagai forum multilateral tentang pengendalian perubahan iklim yang diamanatkan secara global.

Dia menegaskan bahwa Indonesia berpandangan setiap komitmen harus didiskusikan dalam forum multilateral yang disepakati. 

"Indonesia mendukung G7 dan G20, sebagai wadah untuk menumbuhkan dan mengimplementasikan berbagai gagasan substantif sebagai bagian dari solusi pengendalian perubahan iklim," kata dia saat menerima kunjungan Sekretaris Negara dan Utusan Khusus untuk Urusan Iklim Jerman, Jennifer Lee Morgan di Manggala Wanabakti, Jakarta (10/5).

Dia menambahkan kedua forum tersebut tetap merupakan forum informal yang hasilnya hanya berlaku bagi anggotanya dan tidak mewakili keseluruhan negara pihak dalam UNFCCC.

Menteri Siti menyampaikan bahwa Indonesia mengikuti pedoman sistematis internasional terkait perubahan iklim.

Dia menyebut, Indonesia men-submit dokumen seperti LTS, NDC, road map Mitigasi, dan Adaptasi, serta beberapa praktik yang dilakukan selama 7 tahun dalam rangka mengembangkan rencana operasional untuk FoLU Net Sink. 

Dia mengatakan FoLU Net Sink 2030 adalah agenda yang penting, karena memiliki kontribusi NDC terbesar yaitu sekitar 60%, dan pada posisi kedua adalah sektor energi.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mengatakan tiga forum multilateral, yaitu G20, G7 dan UNFCCC memiliki nilai masing-masing.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News