Menteri Siti: Atasi Dampak Perubahan Iklim dengan Ketahanan Nasional

Menteri Siti: Atasi Dampak Perubahan Iklim dengan Ketahanan Nasional
Menteri LHK Siti Nurbaya. Foto : Humas KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Menteri LHK Siti Nurbaya mengatakan, penanganan pengendalian perubahan iklim Indonesia dilakukan dengan pendekatan Ketahanan Nasional.

Hal itu disampaikan pada acara Festival Iklim di gedung Manggala Wanabakti, Kamis (3/10).

Dia juga memberikan refleksi penanganan perubahan iklim selama lima tahun ini serta isu lingkungan yang terkait.

Dalam kurun lima tahun terakhir ini, terdapat kejadian bencana terkait iklim ekstrim, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di negara-negara lain.

Kebakaran hutan di Indonesia merupakan salah satu contoh yang masih menjadi keprihatinan, meskipun kondisinya saat ini sudah sangat jauh menurun dibandingkan dengan dua-tiga minggu lalu.

“Perkembangan serupa juga terjadi di kawasan hutan Amazon serta area hutan dan lahan di negara lain termasuk di Amerika dan Australia,” ujar Menteri Siti.

Fenomena yang terjadi saat ini erat kaitannya dengan hasil kajian para ilmuwan yang menyebutkan bahwa salah satu dampak perubahan iklim adalah meningkatnya kejadian iklim ekstrim, yakni meningkatnya kejadian ENSO (El Nino Southern Oscillation) baik berupa La Nina maupun El Nino.

Perubahan iklim dapat meningkatkan frekuensi kejadian La Nina dan El Nino, yang normalnya berulang dalam perioda 5 – 7 tahun menjadi lebih pendek frekuesi kejadiannya setiap 3 – 5 tahun.

Hasil kajian para ilmuwan yang menyebutkan bahwa salah satu dampak perubahan iklim adalah meningkatnya kejadian iklim ekstrim.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News