Menteri Siti Beber Dampak Reklamasi, Ancam Cabut Izin Proyek

Menteri Siti Beber Dampak Reklamasi, Ancam Cabut Izin Proyek
Siti Nurbaya. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA -  Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar  membeber dampak buruk reklamasi Teluk Jakarta.

Menurut mantan Sekjen Dewan Perwakilan Daerah (DPD) itu, banyak sektor yang  akan terdampak proyek tersebut.

Pertama, penurunan daya thermal pada pembangkit listrik Muara Karang dan Tanjung Priok. Hal tersebut tentu akan berimbas pada penurunan pasokan listrik di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. 

"(Reklamasi Teluk Jakarta) berpotensi terjadinya pemadaman listrik dalam jangka waktu yang lama akibat temperatur dan penurunan jumlah air pendingin," terang  Siti Nurbaya Bakar pada rapat kerja dengam komisi VII DPR di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (20/4). 

Lebih lanjut, dia menjelaskan, potensi terjadinya pemadaman tersebut disebabkan sistem pendingin yang terganggu karena sampah dan kualitas air pendingin yang tidak memenuhi persyaratan. Bahkan, bisa mendatangkan bencana banjir.

Dampak lainnya yaitu, akan terjadi kenaikan temperatur dan sedimentasi (pengendapan) pada sistem air pendingin sehingga kemampuan daya akan menurun. "Juga kenaikan biaya operasi PLTU Muara Karang di unit 4 dan 5," tutur dia. 

Kedua, di bawah laut Pantai Utara Jakarta ini merupakan area yang dipenuhi pipa minyak dan gas serta kabel telekomunikasi.

Terdapat pula kabel bawah laut yang menghubungkan jaringan nasional dan internasional. 

JAKARTA -  Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar  membeber dampak buruk reklamasi Teluk Jakarta. Menurut mantan Sekjen

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News