Menteri Siti : Jangan Remehkan Acara Tanam Pohon !

Menteri Siti : Jangan Remehkan Acara Tanam Pohon !
Menteri LHK Siti Nurbaya di kegiatan menanam pohon. Foto: Natalia Laurens/JPNN

jpnn.com, MAKASSAR - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya meminta seluruh jajarannya di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan agar membuka akses seluas-luasnya untuk bagi masyarakat yang ingin melakukan kegiatan penghijauan.

Salah satunya gerakan penanaman pohon yang biasanya dilakukan sekolah-sekolah dan pihak swasta.

"Jangan remehkan acara menanam pohon yang diselenggarakan masyarakat sekolah-sekolah, kampus, BUMN, swasta. Justru kita harus bimbing agar kegiatan tanam pohon melekat pada masyarakat," ujar Menteri Siti.

Hal ini disampaikan Menteri Siti saat memimpin Rapat Koordinasi RHL dan Penanggulangan Banjir Tanah Longsor di Provinsi Sulawesi Selatan bersama BPDAS dan UPT sejumlah wilayah.

Melalui penanaman pohon, kata dia, masyarakat sudah berpartisipasi dalam membantu melestarikan wilayah. Terutama di daerah aliran sungai (DAS) yang harus dilindungi.

"Menjaga DAS memang bukan hanya soal menanam banyak juga faktor lain yang harus dilakukan secara kelembagaan tapi bukan berarti kita meremehkan acara tanam pohon. Kita justru harus menggerakkan stakeholder agar bersama masyarakat melembagakan kegiatan seperti ini," pungkas Menteri Siti. (flo/jpnn)


Penanaman pohon di sekitar Daerah Aliran Sungai dan wilayah kritis juga penting untuk menyelamatkan lingkungan.


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News