Menteri Siti Ngelayab Malam Minggu ke Cimahi, Ada Apa?

Menteri Siti Ngelayab Malam Minggu ke Cimahi, Ada Apa?
Berbaju kotak-kotak dan celana jeans, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya langsung melepas senyum pada masyarakat yang menunggunya, Sabtu (3/12) malam di cafe Cenghar Kopi, Kota Cimahi, Jawa Barat. Foto Afni Zulkifli/JPNN.com

jpnn.com - JPNN.com CIMAHI -- Berbaju kotak-kotak dan celana jeans, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya langsung melepas senyum pada masyarakat yang menunggunya, Sabtu (3/12) malam di cafe Cenghar Kopi, Kota Cimahi, Jawa Barat.

Sebuah rumah yang disulap menjadi tempat nongkrong, dengan iringan musik jazz modern, menyambut Menteri yang akrab disapa Siti itu. 

Ia datang khusus menghadiri launching cafe yang menjadi salah satu outlet Perhutanan Sosial Nusantara (PeSoNa) mart. Ini salah satu program kerja KLHK. 

"Mungkin pada heran, ngapain seorang Menteri Kehutanan malam minggu di kota Cimahi? Saya memang khusus untuk ngelayab ke sini," kata Siti saat memberi sambutan. Gelak tawa seketika terdengar dari warga yang hadir.

Ia menjelaskan bahwa salah satu arahan Presiden Joko Widodo adalah mensejahterakan masyarakat, mengatasi kemiskinan dan mengurangi kesenjangan. Program nyatanya di KLHK diwujudkan dalam bentuk konsep perhutanan sosial dan kemitraan lingkungan. 

"Saya sudah turun ke daerah-daerah, dan kopi bisa tumbuh bersama pohon pelindung seperti sengon," jelas Siti.

Dikatakannya, program perhutanan sosial adalah solusi di sektor hulu kehutanan. Dengan membuka akses pengelolaan hutan pada masyarakat, kini sumber daya alam bisa dimanfaatkan secara berkeadilan.

"Nah, setelah sektor hulunya kita perbaiki, sektor hilir juga harus diperhatikan. Kopi yang ditanam petani mau dikemanain? Maka kami berkomitmen, akan mengawal perhutanan sosial ini mulai dari hulu hingga ke hilir. Karena itu saya tidak hanya masuk ke hutan-hutan, tapi juga harus ke cafe-cafe seperti ini," kata Siti.

JPNN.com CIMAHI -- Berbaju kotak-kotak dan celana jeans, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya langsung melepas senyum pada masyarakat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News